PENGARUH HASIL UJI KOMPETENSI GURU FISIKA KELAS XII TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DALAM UJIAN NASIONAL DI SMA SE-KOTAMADYA JAKARTA PUSAT

RENITA PUTRI LESTARI, . (2015) PENGARUH HASIL UJI KOMPETENSI GURU FISIKA KELAS XII TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DALAM UJIAN NASIONAL DI SMA SE-KOTAMADYA JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Renita Putri Lestari_3215116244.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil uji kompetensi guru Fisika kelas XII terhadap prestasi belajar Fisika siswa dalam Ujian Nasional di SMA se-Kotamadya Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan subjek penelitian yaitu SMA di Kotamadya Jakarta Pusat yang berjumlah 28 SMA, masing-masing 13 SMA negeri dan 15 SMA swasta. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh dari Pusbang Prodik untuk data Uji Kompetensi Guru Fisika kelas XII tahun 2012, sedangkan data hasil Ujian Nasional diperoleh dari Puspendik. Hasil Uji Kompetensi Guru tersebut kemudian dikorelasikan dengan rata-rata nilai Ujian Nasional, Nilai Sekolah dan Nilai Akhir mata pelajaran Fisika pada tahun 2012, 2013 dan 2014. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh bahwa Hasil Uji Kompetensi Guru berpengaruh terhadap nilai Ujian Nasional pada tahun 2013 dan 2014 serta terhadap Nilai Akhir pada tahun 2013 dan 2014. Koefisien determinasi Uji Kompetensi Guru terhadap prestasi belajar dalam Ujian Nasional yang paling tinggi terjadi pada nilai Ujian Nasional tahun 2013 yaitu sebesar 21.1%. Hal itu berarti hasil Uji Kompetensi Guru memberikan pengaruh sebesar 21.1% terhadap Nilai Ujian Nasional pada tahun 2013, dan 78.9% dipengaruhi oleh factor lain. Sedangkan koefisien determinasi yang paling rendah yaitu pada Nilai Sekolah tahun 2014 sebesar 0.00%. Hal ini menunjukkan bahwa Uji Kompetensi Guru tidak memberikan pengaruh terhadap Nilai Sekolah pada tahun 2014. ***** This study aims to determine The Influence of Competency Test Results of Physics Teacher Class XII to Physics Student Achievement in National Examination Senior High School at Central Jakarta. The method is descriptive correlation with research subjects are Senior High School in Central Jakarta totaling 28 SMA, each 13 state SHS and 15 private Senior High School. The data in this research is secondary data obtained from Pusbang prodik for data Physics Teacher Competency Test class XII in 2012, while the data obtained from the National Examination results Puspendik. Teacher Competency Test results are then correlated with the average of the National Examination, School Value and Final Value subjects Physics in 2012, 2013 and 2014. Based on the results of data analysis showed that the Teacher Competency Test Results affect the value of National Examination in 2013 and 2014 and to the Final Value in 2013 and 2014. The coefficient of determination Teacher Competency Test on learning achievement in the National Examination highest occurred in the National Examination in 2013 which amounted to 21.1%. It means Teacher Competency Test results give effect to the value of 21.1% of National Examination in 2013, and 78.9% are influenced by other factors. While most low coefficient of determination is the Value School in 2014 amounted to 0.00%. This indicates that the Teacher Competency Test does not give effect to the Value School in 2014.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Cecep E.Rustana, Ph.D. ; 2). Dr. Betty Zelda Siahaan, M.M.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 10:53
Last Modified: 31 May 2022 10:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29550

Actions (login required)

View Item View Item