PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING DI KELAS IV SDIT AL-ISHMAH JATISAMPURNA BEKASI

NAFISAH MARZUKOH, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING DI KELAS IV SDIT AL-ISHMAH JATISAMPURNA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NAFISAH MARZUKOH (1815115397) PGSD FIP UNJ 2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDIT Al-Ishmah Jatisampurna Bekasi melalui pendekatan active learning. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, serta tes. Data yang diperoleh, dianalisis dengan cara menghitung persentase jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum serta persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan active learning. Persentase tersebut harus mencapai harus mencapai target yang telah ditentukan, yaitu 90%. Penelitian berlangsung selama 2 siklus model Kemmis dan Mc. Taggart. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 77% dan keterlaksaan pendekatan active learning mencapai 85%. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 94% dan keterlaksaan pendekatan active learning mencapai 100%. Hasil penelitian menunjukkan hasil penelitian bahwa dengan menerapkan pendekatan active learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. ***** This classroom action research aims to improve learning outcomes IPA grade IV SDIT Al-Ishmah Jatisampurna Bekasi through active learning approach. This study was conducted in March and June 2015. Data collection techniques used in this study is documentation, observations, and tests. The data obtained were analyzed by calculating the percentage of students who achieve a minimum completeness criteria as well as the percentage of feasibility study with active learning approach. That percentage should reach must achieve the set targets, namely 90%. The study lasted for 2 cycles Kemmis models and Mc. Taggart. In the first cycle completeness of student learning outcomes reached 77% and keterlaksaan active learning approach reached 85%. In the second cycle completeness of student learning outcomes reached 94% and keterlaksaan active learning approach reaches 100%. The results showed that the research results by applying active learning approach can improve student learning outcomes IPA fourth grade. Therefore, teachers need to know the capabilities and needs of students so that they can design a variety of learning activities to improve student learning outcomes IPA fourth grade.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si. ; 2). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 23:19
Last Modified: 31 May 2022 23:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29560

Actions (login required)

View Item View Item