PENINGKATAN SIKAP PEDULI DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas II SDN Wibawamulya 02 Cibarusah Kabupaten Bekasi

NANDA IDHAN FIKAR, . (2015) PENINGKATAN SIKAP PEDULI DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas II SDN Wibawamulya 02 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nanda Idhan Fikar.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap peduli dalam pembelajaran IPA kelas II SD melalui pemanfaatan lingkunan sekolah sebagai sumber belajar. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas II SDN Wibawamulya 02 Cibarusah Bekasi sebanyak 30 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil evaluasi setelah dilakukan tindakan pada siklus I sikap peduli siswa mencapai 43%, di mana siswa hanya memahami saja tetapi belum mampu berbuat menjaga dan merawat lingkungan yang ada disekitarnya. sedangkan siklus II mencapai 83%, di mana siswa tidak hanya memahamu saja tetapi siswa sudah dapat menjaga dan merawat lingkungan yang ada disekitarnya. Adapun hasil data pemantau tindakan guru pada siklus I mencapai 60%, di mana guru masih kurang mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, pembelajaran masih kurang tertib dan menyenangkan. Pada siklus II mencapai 90%, di mana guru sudah mampu mengoptimalkan dengan baik pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, pembelajaran yang dilaksanakan menyenangkan dan sangat tertib. Target keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dari jumlah siswa dikelas II mencapai indikator sikap peduli yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan sikap peduli siswa kelas II SD. Oleh sebab itu guru perlu mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sehingga dapat meningkatkan sikap peduli siswa kelas II SD. ***** This classroom action research aims to improve the care attitude in learning science through the use of class II, the neighborhood elementary school as a learning resource. Subjects in the study were students of class II SDN Wibawamulya 02 Cibarusah Bekasi many as 30 people. The experiment was conducted in two cycles. Results of the evaluation after the action on the first cycle caring attitude of students reached 43%, in which students only understand the course but have not been able to do to maintain and care for the environment around it. while the second cycle reaches 83%, in which students not only memahamu alone but students are able to maintain and care for the environment around it. The results of the data monitoring the actions of teachers in the first cycle reaches 60%, where the teacher is still lacking optimize the use of the school environment as a source of learning, still less orderly learning and fun. In the second cycle reaches 90%, in which the teacher has been able to optimize the use of both the school environment as a learning resource, learning fun and very orderly implemented. Target success in this study was 80% of the total number of students in class II achieve a high caring attitude indicator. The results showed that the use of the school environment as a learning resource can improve care attitude grade II SD. Therefore, teachers need to examine the use of the school environment as a learning resource that can improve care attitude grade II SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A. R. Supriatna, M.P. ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M.P.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 23:58
Last Modified: 31 May 2022 23:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29575

Actions (login required)

View Item View Item