PENGEMBANGAN ALAT PERAGA GERAK JATUH BEBAS UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN GERAK LURUS DENGAN KECEPATAN DAN PERCEPATAN KONSTAN

RININDAH RASA, . (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA GERAK JATUH BEBAS UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN GERAK LURUS DENGAN KECEPATAN DAN PERCEPATAN KONSTAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Bab 1-5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (161kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI DAN RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (47kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan alat peraga untuk mendukung pembelajaran gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan berupa alat peraga gerak jatuh bebas. Penelitian ini dilakukan sebagai inovasi media pendukung pembelajaran fisika berupa alat peraga untuk mencari hubungan antara hambatan udara dengan kecepatan dan percepatan jatuh benda pada materi gerak jatuh bebas. Penelitian ini menggunakan metode research and development, dengan langkah-langkah melakukan analisis alat eksperimen, pengembangan media awal, validasi ahli, uji lapangan dan implementasi. Penelitian dan pengujian alat dilakukan di laboratorium ICT Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta. Adapun responden dalam penelitian ini adalah responden ahli (expert review) dan responden uji lapangan (field test). Instrumen uji coba berupa angket rating scale dengan teknik analisis data yang menggunakan perhitungan skala Likert dengan pilihan skor 1-5. Diperoleh hasil validasi ahli media dengan rata-rata 72.85%, hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 84.12% dan hasil validasi oleh guru dengan rata-rata 80.59% sehingga mendapatkan interpretasi skor baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil percobaan dari alat gerak jatuh bebas yang dikembangkan, didapatkan adanya peningkatan percepatan gravitasi yang diterima benda saat tekanan udara dikurangi yaitu sekitar 9.758 m/s2 ketika berada pada udara normal dan sekitar 10.653 m/s2 ketika tekanan udara dikurangi. Kesimpulan dari penelitian adalah alat peraga ini cocok digunakan untuk mendukung pembelajaran gerak jatuh bebas pada materi gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan. ***** Has conducted research on the development of tools to support the learning of rectilinear motion with constant velocity and acceleration in the form of tools motion free fall. This research was conducted as a media innovation physics learning support in the form of props to find the relationship between air resistance with speed and acceleration of falling objects in free fall motion. This study uses research and development, with measures to analyze experimental device, the initial media development, validation expert, field testing and implementation. Research and testing is done in ICT Physics, Science Faculty labatory, State University of Jakarta. The respondents in this study were expert respondents (expert review) and field test respondents (field test). Instrument testing a questionnaire rating scale with data analysis techniques using a Likert scale calculations with a score of 1-5. Media expert validation results obtained with an average of 72.85%, the results of the validation matter experts with an average of 84.12% and the results of the validation by the teacher with an average of 80.59% thus gaining good and very good score interpretation. Based on the experimental results of free fall motion developed, obtained an increase in the acceleration of gravity received by objects when the air pressure is reduced which is about 9,758 m/s2 when it is in normal air and about 10,653 m/s2 when the air pressure is reduced. The conclusion from this research is suitable props used to support learning in free fall motion to support rectilinear motion with constant velocity and acceleration study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Esmar Budi, M.Si. ; 2). Hadi Nasbey, S.Pd, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2022 00:03
Last Modified: 01 Jun 2022 00:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29577

Actions (login required)

View Item View Item