RIYAN SAPUTRA, . (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X SMKN 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (91kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (415kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (407kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text
BIODATA PENULIS.pdf Download (69kB) |
|
Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (738kB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang terjadi di sekolah merupakan suatu proses komunikasi, yaitu penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran atau media tertentu ke penerima pesan yaitu siswa. Pesan yang dimaksud adalah materi pelajaran, dimana dengan media tersebut dapat memudahkan siswa dalam memahami dan mengerti materi pelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan adalah lembar kerja siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berupa LKS dengan pendekatan scientific pada pokok bahasan barisan dan deret. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian pengembangan ini secara umum terdiri dari tiga hal penting, yaitu: penelitian pendahuluan atau analisis kebutuhan, proses perencanaan dan pengembangan produk, serta mengujicobakan produk yang dihasilkan (uji ahli, uji guru, uji satu-satu, uji kelompok kecil, dan uji lapangan). Pada tahap analisis kebutuhan diperoleh hasil antara lain satu materi yang dianggap sulit oleh siswa adalah barisan dan deret (16,1%) dan siswa memilih LKS sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka (34%). Setelah diperoleh hasil pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan tahap pengembangan produk awal yang dibantu oleh dosen pembimbing. Tahap selanjutnya adalah validasi ahli yang meliputi ahli materi dan bahasa serta ahli media. Pada tahap ini diperoleh masukan dan saran guna revisi produk awal sehingga layak digunakan untuk evaluasi guru dan evaluasi satu-satu, dilanjutkan dengan uji kelompok kecil, dan dilanjutkan dengan uji kelompok besar. Hasil uji materi dan bahasa memperoleh persentase 88,89% untuk aspek isi LKS secara umum, 86,85% untuk aspek sistematika isi LKS, 90,67% untuk aspek cakupan isi materi, 80% untuk aspek pendekatan scientific, dan 83,33% untuk aspek bahasa. Hasil uji ahli media, penyajian LKS secara umum diperoleh persentase rata-rata 88,33%. Desain isi LKS diperoleh persentase rata-rata 84,10%. Hasil uji coba guru memperoleh persentase 93,89% untuk aspek isi LKS secara umum, 93,05% untuk aspek sistematika isi LKS, 94,67% untuk aspek cakupan isi materi, 92% untuk aspek pendekatan scientific, dan 96,39% untuk aspek bahasa. Hasil uji coba kelompok besar (lapangan) memperoleh persentase rata-rata 90,49% untuk isi LKS secara umum, 89,68% untuk aspek bahasa, 88,39% untuk aspek tampilan, dan 86,05% untuk aspek materi. Perolehan persentase tersebut mendapatkan interpretasi baik dan sangat baik. Jadi dapat disimpulkan LKS matematika ini sudah layak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific pada materi barisan dan deret.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Swida Purwanto, M.Pd. ; 2). Dwi Antari Wijayanti, M.Pd. |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 01 Jun 2022 00:10 |
Last Modified: | 01 Jun 2022 00:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29587 |
Actions (login required)
View Item |