NANOENKAPSULASI PIGMEN BIKSIN DARI BIJI KESUMBA (Bixa orellana L.) MENGGUNAKAN KITOSAN-GLUTARALDEHID DENGAN VARIASI VOLUME PENAMBAHAN SURFAKTAN TWEEN 80

RIYANA MONITA, . (2015) NANOENKAPSULASI PIGMEN BIKSIN DARI BIJI KESUMBA (Bixa orellana L.) MENGGUNAKAN KITOSAN-GLUTARALDEHID DENGAN VARIASI VOLUME PENAMBAHAN SURFAKTAN TWEEN 80. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI - RIYANA MONITA (3325110307).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume surfaktan tween 80 yang optimal terhadap ukuran partikel serta karakter fisika dan kimia dari enkapsulasi pigmen biksin dengan kitosan. Metode enkapsulasi biksin yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode emulsifikasi dengan modifikasi kitosan sebagai agen enkapsulan yang ditaut silang (crosslinking) dengan glutaraldehid yang diikuti dengan teknik freeze drying untuk menghasilkan serbuk enkapsulasi. Ukuran partikel hasil enkapsulasi diuji dengan instrument PSA (Particle Size Analyzer). Hasil ukuran partikel enkapsulasi yang terkecil selanjutnya diuji karakter fisika dan kimia, yang meliputi uji gugus fungsional menggunakan FTIR dan uji morfologi permukaan dengan SEM. Hasil yang diperoleh menunjukkan ukuran rata-rata diameter partikel enkapsulasi biksin dalam kitosan pada semua variasi volume berada pada kisaran nanometer dengan ukuran terkecil berada pada ukuran 192,37 nm dengan PDI 0,1660 yang dicapai pada volume surfaktan 0,5 mL. Efisiensi enkapsulasi mencapai 78,1%. Spektrum FTIR menunjukkan adanya pita serapan regang C=N taut silang pada bilangan gelombang 1643,35 cm-1 pada nanoenkapsulasi biksin. Hasil uji SEM menunjukkan bahwa biksin telah tersalut oleh enkapsul kitosan dengan permukaan yang berpori. Jadi, dapat disimpulkan bahwa biksin dapat dienkapsulasi dengan kitosan-glutaraldehid dengan ukuran partikel nano pada volume surfaktan tween 80 sebanyak 0,5 mL yang menghasilkan karakteristik fisika dan kimia yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Erdawati, M.Sc. ; 2). Dr. Yusmaniar, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2022 00:12
Last Modified: 01 Jun 2022 00:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29591

Actions (login required)

View Item View Item