“PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA KELAS V SD ISLAM AL-AZHAR 13 RAWAMANGUN PADA LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL”

NITA ROSNITA, . (2015) “PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA KELAS V SD ISLAM AL-AZHAR 13 RAWAMANGUN PADA LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Skripsi Siap Jilid.pdf

Download (890kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (139kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah memperoleh data empirik tentang kreativitas berpikir siswa, mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode problem solving terhadap kreativitas berpikir siswa kelas V SD Islam Al-Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 13, dengan sampel 20 siswa kelas V Riyadh. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain penelitian design pre-eksperimental one group pre-test post-test. Penelitian dilakukan dalam waktu satu hari pada tanggal 15 Juni 2015 dengan treatment 6 sesi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji Sign Wilcoxon. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai negative ranks atau selisih antar variabel pre-test dan post-test yang negative sebanyak 6 dan rata-rata rangkingnya 10,42 dengan jumlah rangking negative sebesar 62,50. Nilai positive ranks atau selisih antar variabel pre-test dan post-test yang postif sebesar 12 dengan rata-rata rankingnya 9,04 dengan jumlah rangking positif sebesar 108,50. Tidak adanya perbedaan antar variabel pre-test dan post-test sebanyak 2. Hipotesis statistik yang didapat H0 diterima dengan Z ASymp.Sig bernilai sebesar 0,312 lebih besar dari taraf signifikan 0,05, yang berarti kedua variabel memiliki nilai yang tidak berbeda atau tidak terjadi perubahan kreativitas berpikir siswa setelah adanya treatment. Perhitungan dilanjutkan dengan menghitung skor pre-test dan post-test per individu. Terdapat 12 siswa mengalami peningkatan kreativitas berpikir, 6 siswa mengalami penurunan kreativitas berpikir dan 2 siswa tidak mengalami perubahan. Pada data tersebut dilihat terdapat perubahan, akan tetapi pengaruh peningkatan tersebut hanya terjadi pada sampel itu dan tidak dapat digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel tersebut diambil. Implikasi penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode problem solving yang dilakukan peneliti dalam waktu 1 hari dengan pemberian treatment 6 sesi tidak dapat memberikan pengaruh terhadap kreativitas berpikir siswa. Efektivitas waktu pemberian treatment yang dibutuhkan pada penelitian ini adalah 2 kali dalam seminggu. Metode problem solving diberikan agar dapat membuka dan melatih cara berpikir siswa untuk memecahkan masalah secara kreatif, akan tetapi metode problem solving yang dilakukan peneliti dalam waktu iv 1 hari tidak dapat memberi pengaruh positif terhadap peningkatan kreativitas berpikir siswa. Bagi peneliti lain yang menggunakan penelitian eksperimen, diharapkan dapat melakukan penelitian dalam waktu yang sistematis, yaitu pemberian treatment dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu jauh dan tidak berdekatan. Pemberian treatment dapat dilakukan 1 atau 2 sesi dalam seminggu, sehingga mendapatkan hasil yang baik dan berdampak positif bagi siswa. Purpose of this study was to obtain empirical data about students' creativity thinking, determine whether or not the influence of the creative methods of problem solving thinking graders V SD Islam Al-Azhar 13 Rawamangun, East Jakarta. Research conducted at the Primary School of Islamic Al-Azhar 13, with a sample of 20 students of class V Riyadh. Samples were taken by using purposive sampling. Using a quasi experimental research design with pre-experimental research design one group pre-test post-test. Research carried out within one day on June 15,2015 with 6 treatment sessions. Data analysis was performed using Wilcoxon Sign test formula. Hypothesis testing results show that the negative value of the difference between the variable ranks or pre-test and post-test were negative by 6 and the average ranking is 10.42 by the number of negative rankings of 62.50. Ranks positive value, or the difference between the variable pre-test and post-test were positive by 12 with an average of 9.04 ranking is the number of positive ranking of 108.50. Ties were no difference between variable pre-test and post-test statistics as many as 2. Hypothesis H0 obtained with Z Asymp.Sig received totaled 0.312> 0.05 significance level, which means that both variables have values that are not different or no change creative thinking of students after their treatment. Calculating followed by calculating a score pre-test and post-test for individual. There are 12 students has increased creative thinking, decreased creativity 6 students and 2 students' thinking has not changed. The data seen there is a change, but the effect of the increase only occurred in the sample and can’t be generalized to the population where the sample was taken. The implications of this study is that the use of methods of problem solving conducted by researchers in 1 day by giving six treatment sessions can not give any effect to increase creative thinking of students. Effecttiveness of timing of treatment is needed in this research is twice a week. Problem solving methods given in order to open and to train students how to think creatively to solve problems, but the methods of problem solving conducted by researchers vi in 1 day can not be a positive influence on improvement of students' creative thinking. For other researchers who use experimental research, is expected to conduct research in a systematic, namely the provision of treatment carried out in the not too far and not adjacent. Provision of treatment can be made 1 or 2 sessions a week, so get good results and positive impact for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Wirda Hanim, M.Psi. ; 2). Dra. Meithy Intan. R.L, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:12
Last Modified: 02 Jun 2022 04:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29611

Actions (login required)

View Item View Item