MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SDN TUGU UTARA 07 PAGI JAKARTA UTARA

NUR AINI PUTRIDIANTI, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SDN TUGU UTARA 07 PAGI JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (72kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (51kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
14. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN revisi 1 WARNA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
15. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
12. BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan Saintifik pada siswa kelas V SDN Tugu Utara 07 Pagi Jakarta Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tugu Utara 07 Pagi Jakarta Utara yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I mencapai 76,67% dengan 23 siswa mendapat nilai >65 dan pada siklus II mencapai 93,33% dengan rincian 28 siswa mendapat nilai >65. Dari hasil tersebut, pelaksanaan tindakan pada siklus II telah menunjukkan hasil yang diharapkan. Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui pendekatan saintifik di SDN Tugu Utara 07 Pagi menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 16,66%. Hasil yang telah dicapai pada siklus II tersebut membuktikan bahwa pendekatan saintifik yang digunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sudah tepat. ********** This research aims to improve outcome learning of science through Scientific approach to the 5 th grade students of SDN Tugu Utara 07 Pagi, North Jakarta. The subjects were students of class V SDN Tugu Utara 07 Pagi, North Jakarta totaling 30 students. The method used was classroom action research using a model Kemmis & Mc. Taggart. Data collected by observation techniques, test, field notes, and documentation of the learning activities. Data analysis was performed by reflecting the activities that have been carried out in every cycle. Results of the evaluation of student learning in the first cycle reached 76,67% with 23 students scored >65 and the second cycle reached 93,33% with details of 28 students scored >65. From these results, the implementation of the action on the second cycle have shown results expected. Student learning outcomes in learning science through a scientific approach in SDN Tugu Utara 07 Pagi showed an increase from cycle I to cycle II of 16,66%. The results achieved in the second cycle proved that the scientific approach used by researchers to improve student learning outcomes in learning science is right.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si. ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 06:03
Last Modified: 02 Jun 2022 06:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29633

Actions (login required)

View Item View Item