MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR SISWA TK B DENGAN METODE BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA TK SUMBANGSIH JAKARTA BARAT

MUHAMAD FICRY HARYONO, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR SISWA TK B DENGAN METODE BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA TK SUMBANGSIH JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi mochamad ficry haryono.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Pada Kelas TK B Sumbangsih Jakarta Barat. Metode yang digunakannya itu metode penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian melibatkan satu orang guru kelas sebagai kolaborator yaitu Ibu Mistiani S.Pd penelitian dilaksanakan pada bulan November dan Desember 2016, dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus 1 terdiri dari 4 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 4 kali pertemuan. Kegiatan siklus pertama yang di realisasikan melalui tindakan memberikan hasil sebagai berikut : 1) Guru memberikan motivasi kepada siswa sesuai rencana dan design pembelajaran, hasilnya adalah 11 siswa aktif mengikuti pembelajaran, 2 siswa sedang. Berdasarkan hasil belajar siklus 1 nilai siswa dalam pembelajaran gerak dasar lokomotor (Jalan ) 66, (Lari) 66 dan (Lompat) 65. Kegiatan siklus kedua yang di realisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1 memberikan hasil sebagai berikut : 1) Guru memberikan motivasi kepada siswa sesuai rencana dan design pembelajaran, hasilnya iv adalah 13 siswa aktif mengikuti pembelajaran. 2) Berdasarkan Hasil Belajar siswa pada siklus 2 nilai rata – rata dalam pembelajaran gerak dasar lokomotor ( Jalan ) , (Lari), (Lompat). Setelah melakukan permainan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan kegiatan berbasis permainan dalam pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor siswa Kelas TK B Sumbangsi Jakarta Barat. This research aims to improve basic locomotor movement skills in a kindergarten class B contribution Jakara West. The method digunakanya Clasroom action research methods to capture qualitative and quantitative data. the conduct of research involving the class teachers as collaborators, namely mother misti, research conducted in November and December 2016, was done 2 cycles of one cycle consists of 4 meetings and cycle 2 consists of 4 meetings 1 The first cycle activities realized through the act of giving the following results: 1) Teachers give motivation to students according to plan and design the learning, the result is 11 students actively participating in the learning, two students were. based on the learning cycle 1 grade students in learning basic locomotor movements (road) 66, (running) 66, and (skip) 65. The second cycle activities are realized through the reflection of the outcome measures silklus 1 gives the following results: 1) teachers to motivate students to plan and design the learning, the result is 13 students actively participating in the learning. 2) based on the results of students in the ii second cycle value - average in learning basic locomotor movements 77 (street), 72 (run), 72 (jump) After doing research the game it can be concluded that with the implementation of activities berbasi games in learning can improve learning outcomes of basic locomotor movements graders tk b contribution jakarta west

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd 2) Prof. Dr. Moch Asmawi, M.Pd.
Subjects: Ilmu Kedokteran > Keperawatan > Diet, Kesehatan Jasmani
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 May 2022 23:18
Last Modified: 31 May 2022 23:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29668

Actions (login required)

View Item View Item