PENGARUH BERLATIH SEPAKBOLA TERHADAP PENINGKATAN GERAK KOORDINASI MATA DAN KAKI ANAK USIA GRASSROOTS (6 - 12 TAHUN) PADA SISWA SENTUL CITY SOCCER SCHOOL 2016

DANY SETIA NUGRAHA, . (2016) PENGARUH BERLATIH SEPAKBOLA TERHADAP PENINGKATAN GERAK KOORDINASI MATA DAN KAKI ANAK USIA GRASSROOTS (6 - 12 TAHUN) PADA SISWA SENTUL CITY SOCCER SCHOOL 2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
pdf.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berlatih sepakbola terhadap peningkatan gerak koordinasi pada mata dan kaki siswa usia Grassroots football (usia 6 - 12 tahun), yang mengambil sample pada siswa Sentul City Soccer School usia 6 - 12 tahun berjumlah 33 anak Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan model one group pretest pottest design. Untuk memperoleh data peningkatan gerak koordinasi mata dan kaki anak usia Grassroots (6 - 12 tahun) digunakan instrument tes koordinasi yaitu dribble soccer test. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis uji t. Berdasarkan hasil data penelitian, maka dikemukakan bahwa dengan berlatih sepakbola berpengaruh terhadap peningkatan gerak koordinasi anak usia Grassroots (6 - 12 tahun). Hasil penelitian yang menyatakan bahwa dengan berlatih sepakbola (x) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan koordinasi mata kaki anak usia Grassroots (usia 6 - 12 tahun) (Y) dengan hasil perhitungan yang menerangkan Mean Different (MD) sebesar (-2,9175), dengan standar deviasi different (SDD) sebesar 2,19, dan Standar Eror Mean Different (SDMD) sebesar 0,42, t hitung 7 dan nilai t tabel 1,703 pada taraf signifikan 5% dengan demikian didapatkan nilai t hitung besar dari pada t tabel (t hitung > t tabel) yang menunjukan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa dengan berlatih sepakbola berpengaruh terhadap peningkatan koordinasi mata dan kaki anak usia Grassroots (6 – 12 tahun) pada klub sepakbola Sentul City Soccer School 2016.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hadi Rahmaddani S.Pd 2) Dr. Bambang Kridasuwarso, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jun 2022 00:10
Last Modified: 01 Jun 2022 00:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29675

Actions (login required)

View Item View Item