EFEKTIFITAS GAYA MENGAJAR LATIHAN DAN RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING FUTSAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 97 JAKARTA

DEDE USMAT, . (2017) EFEKTIFITAS GAYA MENGAJAR LATIHAN DAN RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING FUTSAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 97 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar shooting (menembak) dalam permainan futsal pada siswa kelas VIII SMP negeri 97 Jakarta. Teknik analisa data yang digunakan adalah analis data uji „‟ T “ dimulai dengan menghitung t untuk dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisi data adalah sebagai berikut : hasil penelitian tes awal dan tes akhir gaya mengajar yang dikumpulkan mengenai hasil belajar shooting (menembak) menggunakan punggung kaki dengan gaya mengajar latihan adalah tes awal sebagai berikut : nilai rata-rata (mean) = 14,47 , standar deviasi (SD) = 1,82 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,49 , tes akhir adalah sebagai berikut : nilai rata – rata (mean) = 17,80 , standar deviasi (SD) = 1,33 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,35. Kemudian diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,904, standar Deviasi Perbedaan mean (SDbm) sebesar 0,23 dan nilai t hitung 14,47. Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,14 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 14,47 > 2,14. Sedangkan tes awal dan tes akhir untuk shooting (menembak) menggunakan punggung kaki dengan gaya resiprokal adalah sebagai berikut : tes awal dengan nilai rata-rata (Mean) = 13,07 , standar deviasi (SD) = 2,05 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,55, tes akhir dengan nilai rata-rata (Mean) =15,47 ,standar deviasi (SD) = 1,50 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,40. Diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,90, standar Deviasi Perbedaan mean (SDbm) sebesar 0,26 dan nilai t hitung 8,24. Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,14 dengan demikian nilai t hitung > nilai t table atau 8,24 > 2,14. Dari hasil penelitian tes akhir yang dikumpulkan mengenai hasil belajar shooting menggunakan punggung kaki dengan gaya mengajar latihan adalah sebagai berikut : nilai rata-rata (Mean) = 17,80, standar deviasi (SD) = 1,33 dan standar deviasi mean = 0,35. Dari hasil shooting menggunakan punggung kaki gaya mengajar resiprokal nilai rata-rata (Mean) =15,47 standar deviasi (SD) = 1,50, dan standar deviasi mean = 0,40. Dari hasil tes akhir belajar shooting menggunakan punggung kaki kedua kelompok tersebut diperoleh standar deviasi perbedaan mean (SDbm) sebesar 0,53 dan t hitung sebesar 4,41 Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,048, dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 4,41 > 2,048. Dengan demikian t hitung> t tabel yang berarti Ho di tolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa Gaya mengajar latihan dapat meningkatkan hasil belajar shooting futsal menggunakan punggung kaki pada siswa kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta, Gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar shooting futsal menggunakan punggung kaki pada siswa kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta, Gaya mengajar latihan lebih efektif dari pada gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar shooting futsal menggunakan punggung kaki pada siswa kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta. The purpose of this study is to find out which teaching style is more effective between the teaching style of practice with the reciprocal teaching style to the shooting futsal learning outcomes in grade VIII students of SMP Negeri 97 Jakarta. This research was conducted on November 2016-January 2017, meeting was done 4 times, This research was done by using experiment method. The population of 245 people sampled 30 people with simple random sampling technique. Statistical analysis technique used is with t-test at a = 0.05. The results of the study were obtained as follows: 1) the teaching exercise style group got the tcount = 14,47, the ttable (0.05: 14) was 2.14, so it can be concluded that there was an increase in shooting futsal learning outcomes in the teaching style group. 2) the reciprocal teaching style group got tcount = 8,24, ttable value (0,05: 14) was 2.14, so it can be concluded that there is an increase of shooting futsal learning result in the reciprocal teaching style group. 3) the comparison between training and reciprocal teaching style group is tcount = 4,41, ttable value (0,05: 28) is 2,048. From the above description it can be concluded that teaching style is more effective than reciprocal teaching style.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Andri Irawan, M.Pd 2) Dr. Yusmawati, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jun 2022 01:52
Last Modified: 01 Jun 2022 01:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29694

Actions (login required)

View Item View Item