PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL HADANG DAN BENTENGAN TERHADAP KELINCAHAN PADA SISWA KELAS X SMK AL-WASHLIYAH, PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR

DENY MARYADI, . (2016) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL HADANG DAN BENTENGAN TERHADAP KELINCAHAN PADA SISWA KELAS X SMK AL-WASHLIYAH, PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
3. ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2. RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (13kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (186kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf

Download (121kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1-8.pdf

Download (56kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional hadang dan bentengan terhadap kelincahan dan mengetahui permainan tradisional manakah antara hadang dan bentengan yang lebih berpengaruh terhadap kelincahan pada siswa SMK Al-Washliyah Pulogadung Jakarta Timur kelas X. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 tanggal 14 April – 1 Juni 2016 di Lapangan SMK Al�Washliyah Pulogadung Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Two Groups Pretest�Postest Design, yaitu sampel dibagi menjadi dua kelompok, lalu diambil data pertama kemudian diberi perlakuan setelah itu diambil data kedua. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling yang berjumlah 50 orang dari populasi seluruh siswa SMK Al-Washliyah Pulogadung Jakarta Timur. Instrumen penelitian terdiri dari tes awal sebelum diberikan perlakuan dan tes akhir setelah diberi perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan menghitung nilai thitung dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 0,05. Pengujian hipotesis pertama menggunakan uji t. Hasil perhitungan kelincahan awal dan akhir pada kelompok A setelah diberi perlakuan permainan tradisional hadang diperoleh selisih rata-rata (MD) 1,08 dengan standar deviasi perbedaan (SDD) 0,78 standar error perbedaan rata-rata (SEMD) 0,16 dalam perhitungan selanjutnya diperoleh nilai thitung 6,73 dan nilai ttabel 2,06 pada taraf signifikan 0,05. Dengan nilai thitung > ttabel yang menunjukkan hipotesis nilai nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional hadang berpengaruh terhadap kelincahan pada siswa kelas X SMK Al-Washliyah Pulogadung Jakarta Timur. Dari hasil pengujian hipotesis kedua, hasil perhitungan kelincahan awal dan akhir pada kelompok B setelah diberi perlakuan permainan tradisional bentengan diperoleh selisih rata-rata (MD) 0,94 dengan standar deviasi perbedaan (SDD) 0,62 standar error perbedaan rata-rata (SEMD) 0,12 dalam perhitungan selanjutnya diperoleh nilai thitung 7,37 dan nilai ttabel 2,06 pada taraf signifikan 0,05. Dengan nilai thitung > ttabel yang menunjukkan hipotesis nilai nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional bentengan berpengaruh terhadap kelincahan pada siswa kelas X SMK Al-Washliyah Pulogadung Jakarta Timur. Dari hasil pengujian hipotesis ketiga, menunjukan bahwa H0 di terima dan H1 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa permainan bentengan lebih efektif pengaruhnya terhadap kelincahan dibandingkan dengan permainan hadang. This study purpose is to know the impact of traditional games hadang and bentengan for agility and to know the traditonal games between hadang and bentengan which more take effect for agility at student of X class in SMK Al�Washliyah, Pulogadung, Jakarta Timur. This research was conducted in the second semester of the academic year 2015/2016 on 14 th April – 1st June 2016 at SMK Al - Washliyah Field, Pulogadung, Jakarta Timur . The method used in this research is a pre - experiment (One Group Pretest - Posttest Design). This research is uses a sampling technique simple random sampling with a total sampling is 50 people from the all population of students of SMK Al – Washliyah, Pulogadung, Jakarta Timur. The research instruments consisted of the pre tests before being given treatment and post tests after being treated. Data analysis technique used is the t-test to calculate tcount compared with ttable at significant level of 0.05. The first hypothesis testing using t test . The result of the calculation of the start and end agility in group A after being treated traditional games hadang obtained mean difference (MD) is 1.08, with a standard deviation of the difference (SDD) is 0.78, standard error of the difference in average (SEMD) is 0.16, in the calculation subsequently obtained tcount is 6.73 and ttable is 2.06 value at significance level of 0.05. With value of tcount > ttable which shows the hypothetical value of zero (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted. It can be concluded that traditional games hadang are take effect for agility in student of class X SMK Al – Washliyah, Pulogadung, Jakarta Timur.The second hypothesis, the result of the calculation of the start and end agility in group B after being treated traditional games bentengan obtained mean difference (MD) of 0.94, with a standard deviation of the difference (SDD) 0.62, standard error of the difference in average (SEMD) 0.12, in the calculation subsequently obtained of tcount value is 7.37 and the ttable is 2.06 at the 0.05 significance level. With value of tcount > ttable which shows the hypothetical value of zero (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted. It can be concluded that traditional games bentengan are take effect for agility in student of class X SMK Al – Washliyah, Pulogadung, Jakarta Timur. From the test results showed that the third hypothesis H0 is accepted and H1 is declined, it can be concluded that the hadang game smaller to take effect on agility rather than bentengan game.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sri Nuraini, M.Pd 2) Dr. Nofi Marlina Siregar , M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jun 2022 02:44
Last Modified: 01 Jun 2022 02:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29705

Actions (login required)

View Item View Item