PENGARUH BERLATIH SEPAKBOLA TERHADAPPENINGKATAN KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA GRASSROOTS (6 – 12 TAHUN) PADA KLUB SENTUL CITY SOCCER SCHOOL TAHUN 2016

DERBY WIJAYA, . (2016) PENGARUH BERLATIH SEPAKBOLA TERHADAPPENINGKATAN KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA GRASSROOTS (6 – 12 TAHUN) PADA KLUB SENTUL CITY SOCCER SCHOOL TAHUN 2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CURRICULUM VITAE DERBY.pdf

Download (270kB)
[img] Text
HardCover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HardCoverAbstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (659kB)
[img] Text
HardCoverRingkasan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PROGRAM LATIHAN U 9 - 12 TAHUN SCSS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PROGRAM LATIHAN U 6 - 8 TAHUN SCSS.pdf

Download (909kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berlatih sepakbola terhadap peningkatan keseimbangan siswa usia grassroots (6 – 12 tahun) pada klub Sepakbola Sentul City Soccer School. Penelitian ini dilaksanakan di Sentul City Soccer School dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimen One grup dengan teknik tes awal, perlakuan, dan tes akhir (pre-test post-test). Penelitian ini diikuti oleh 33 orang sample siswa Sentul City Soccer School usia 6 – 12 tahun. Mereka melakukan tes keseimbangan statis dengan Flamingo stand sebagai data tes awal, setelah itu mereka mengikuti sesi latihan sepakbola selama 20 sesi atau (2 kali seminggu) lalu setelah itu dilakukan kembali tes yang sama sebagai tes akhir. Disampaikan tentang nilai rata-rata (X) dari hasil yang didapatkan pada tes awal 13,56 dan tes akhir 33,39 dari rata-rata mengenai tes awal dan tes akhir keseimbangan siswa usia grassroots (6 – 12 tahun) pada klub sentul city soccer school menunjukan adanya peningkatan hasil yang didapat. Dari hasil analisis data diperoleh selisih rata-rata (MD) 19,83 dengan standar deviasi perbedaan (SDd) 37,05 dalam perhitungan selanjutnya di peroleh nilai t-hitung sebesar 2,80 dan nilai t-tabel derajat kebebasan (n – 1) dan taraf signifikan α = 0,05 didapat sebesar 1,70 yang berarti t-hitung = 2,80 lebih besar dari t-tabel = 1,70. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keseimbangan dengan berlatih sepakbola sehingga hasil perhitungan tersebut menyatakan bahwa dengan berlatih sepakbola dapat meningkatkan keseimbangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hadi Rahmaddani S.Pd 2) Ari Subarkah M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jun 2022 02:53
Last Modified: 01 Jun 2022 02:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29706

Actions (login required)

View Item View Item