Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Scrapframe Siswa Kelas XI di SMAN 50 Jakarta

ERIKA PRATIWI, . (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Scrapframe Siswa Kelas XI di SMAN 50 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi erika 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kondisi kegiatan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) di SMAN 50 Jakarta kurang memotivasi belajar siswa, sehingga hasil belajar kurang maksimal dan bermakna. Hal ini mendorong dilakukannya penelitian di SMAN 50 Jakarta dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar pengalaman belajar lebih kontekstual dan bermakna karena terkait dengan kehidupan siswa. Materi scrapframe diajarkan untuk mengembangkan kepekaan estetik pengalaman belajar yang lebih variatif, dan meningkatkan kreativitas serta keterampilan dalam membuat karya scrapframe. Penelitian ini dilakukan di SMAN 50 Jakarta, yang beralamat di Jl. PLN Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur. Subjek penelitian yaitu siswa SMAN 50 Jakarta kelas XI MIA 1 yang berjumlah 31 orang, dengan sampel sebanyak 28 orang siswa menurut tabel Fernandez. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajar 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design yaitu desain penelitian yang membandingkan hasil pre-test membuat scrapframe sebelum diberikan perlakuan dan hasil post-test membuat scrapframe setelah diberikan perlakuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar scrapframe, sedangkan variabel bebasnya adalah penerapan model pembelajaran CTL. Terdapat tiga Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu instrumen perlakuan berupa penerapan model CTL dan instrumen pengumpulan data berupa soal tes membuat scrapframe, serta instrumen penilaian yang dirujuk dari tabel penilaian modifikasi Brent G. Wilson. Pengujian reabilitas menggunakan rumus Product Moment Pearson. Berdasarkan perhitungan statistik (rxy) pada korelasi nilai rata-rata tiga penilai hasil indeks reliabilitas penilai 1 dan 2 = 0,97, penilai 1 dan 3 = 0,99, dan penilai 2 dan 3 = 0,98. Menurut tabel interpretasi nilai r Guilford hasil tersebut (antara 0,70 - 0,90) berada dalam kategori tinggi, maka dinyatakan bahwa instrumen tersebut reliable. Hipotesis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: μX < μY yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 50 Jakarta. Untuk menganalisis hasil eksperimen yang menggunakan pre-test dan post-test one group design, digunakan rumus uji-t. pengujian ini menggunakan taraf signifikansi 0,05%. Melalui analisis diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 65,9 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 79,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tes berdasarkan uji-t sebesar 9,71 lebih besar dari nilai tabel sebesar 2,048. Berarti dengan demikian hipotesis μX < μY yang menunjukkan bahwa penerapan model Contexstual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 50 Jakarta dapat diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran materi scrapframe melalui model pembelajaran CTL berhasil memberi pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Terlihat dari adanya peningkatan motivasi dan aktivitas belajar yang lebih aktif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 11:46
Last Modified: 24 Jan 2020 11:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2972

Actions (login required)

View Item View Item