HUBUNGAN PEMAHAMAN BACAAN ANAK USIA 7- 8 TAHUN DENGAN PENYELESAIAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA (di SD Negeri Wilayah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan)

SOFIA NURJANAH, . (2015) HUBUNGAN PEMAHAMAN BACAAN ANAK USIA 7- 8 TAHUN DENGAN PENYELESAIAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA (di SD Negeri Wilayah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI BUAT PDF (2 files merged).pdf

Download (980kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mengkaji dan menggambarkan hubungan yang terjadi mengenai pemahaman bacaan anak usia 7-8 tahun dengan penyelesaian masalah pada soal cerita matematika. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling sehingga ditemukan sampel yaitu SDN 05 Pagi Ciganjur. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal tes dan dianalisis mengguanakan analisis Varian (ANAVA) Sederhana dan Uji Korelasi Product Moment. Hasil pengujian Hipotesisi menggunakan ANAVA bahwa terdapat hubungan pemahaman bacaan anak usia 7-8 tahun dengan penyelesaian masalah pada soal cerita matematika. Dilanjutkan dengan Uji Korelasi Product Moment dan menunjukan bahwa H0 ditolak, maka H1 diterima. Implikasi hasil penelitian ini adalah pemahaman bacaan dapat memberikan kontribusi terhadap penyelesian masalah pada soal cerita matematika, maka guru dan penulis buku matematika agar mempertimbangkan sebelum memberikan soal cerita matematika pada anak ******** The purpose of the research is to investigating and describing about the association between 7-8 years old children’s reading comprehension and mathematical word problem-solving performance . sample were taking using the technic of simple random sampling so that the sample found SDN 05 Morning Ciganjur. Data collection is using quotion test and analyzed using simple ANAVA analysis and correlation Product moment Test. The research of testing of hypotheses using ANAVA that there are association between 7-8 years old children’s reading comprehension and mathematical word problem-solving performance. Continued with correlation Product Moment Test and showing that all H0 rejected then H1 accepted. The implication research result is reading comprehension can give contribution to mathematical word problem-solving performance, so teachers and Mathematic book author have to considering before giving the children mathematical word problem-solving test

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eriva Syamsiatin, S.Pd.,M.Si. ; 2). Dr. Nurjanah, SP,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:15
Last Modified: 06 Jun 2022 03:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29739

Actions (login required)

View Item View Item