PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV DI SDN CAKUNG BARAT 03 PAGI JAKARTA TIMUR

OTIFIN, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV DI SDN CAKUNG BARAT 03 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI OTIFIN FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada siswa kelas IV di SDN Cakung Barat 03 Pagi Jakarta Timur. Waktu penelitian dilakukan sejak bulan April sampai dengan bulan Juni 2015. Model penelitian ini yang digunakan pada penelitian ini adalan penelitian tindakan kelas (class action research) model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart. Model Cooperative Learning tipe Jigsaw adalah model pembelajaran dengan cara berkelompok, dalam model pembelajaran ini seluruh siswa berperan penting untuk menyampaikan informasi kepada teman dikelompoknya. Hasil penelitian menunjukan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Pada Siklus I mendapat persentase hasil belajar sebanyak 47,22%, kemudian pada siklus II mencapai 91,66%, Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Cakung Barat 03 Pagi. ********** This research airms to improve science learning outcomes of students through the IPA model of cooperative learning jigsaw type in class fourth grade students at SDN Cakung Barat 03 Pagi, East Jakarta. The research was conducted from April until the month of June 2015. The models used was classroom action research using a cycle model Kemmis and Mc Taggart. Model of cooperative learning jigsaw type is learning model by way of a group, in this model all students play an important role in conveying information to a friend. The result show that the data obtained from the learning process with a model of cooperative learning jigsaw type. In the first cycle of learning outcomes as a percentage 47.22% and than the cycle II reaches 91.66%. It was conclude that the use of type of cooperative learning jigsaw type can improving learning outcomes fourth grade science students about the nature and the light.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd. ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:06
Last Modified: 06 Jun 2022 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29747

Actions (login required)

View Item View Item