TEACHER’S REINFORCEMENT STRATEGIES AND STUDENTS’ RESPONSE IN ENGLISH CLASSROOM ACTIVITIES (A Case Study at SMP Negeri 2 Jakarta)

Eva Fachrunnisa, . (2016) TEACHER’S REINFORCEMENT STRATEGIES AND STUDENTS’ RESPONSE IN ENGLISH CLASSROOM ACTIVITIES (A Case Study at SMP Negeri 2 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT and TABLE OF TABLE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BIOGRAFI PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (411kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (582kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
Curriculum Vitae.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi penguatan guru dan respon siswa dalam aktifitas kelas bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai bulan Mei 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Data dari penelitian ini adalah ujaran guru dan respon siswa dari penguatan yang digunakan oleh guru. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 8 di SMP Negeri 2 Jakarta. Alat penelitian ini adalah observasi kelas dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lima strategi yang digunakan oleh guru; verbal reinforcement, gestural reinforcement, proximity reinforcement, activity reinforcement and token reinforcement. Token reinforcement diperoleh melalui wawancara guru dan siswa. Strategi penguatan yang paling banyak digunakan adalah verbal reinforcement sebesar 44% untuk mendorong siswa mengerjakan tugas dan tetap memperhatikan pelajaran. Hasil berikutnya adalah respon siswa terhadap strategi penguatan guru diklasifikasikan menjadi dua kategori; respon lisan dan non-lisan. Respon lisan siswa untuk menjawab pertanyaan guru dan untuk bertanya kejelasan topik. Dari respon non-lisan siswa untuk mengerjakan perintah guru, memperhatikan dan mengangguk

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Jan 2020 14:49
Last Modified: 24 Jan 2020 14:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2979

Actions (login required)

View Item View Item