METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV

VIVI LUTFIYAH, . (2015) METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER Skripsi.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. ABSTRAK i-ii.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI vi-viii.pdf

Download (97kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR iv-v.pdf

Download (87kB)
[img] Text
9. BAB II fix 11-28.pdf

Download (334kB)
[img] Text
10. BAB III fix 29- 50.pdf

Download (408kB)
[img] Text
8. BAB I fix 1-10.pdf

Download (215kB)
[img] Text
11. BAB IV fix 51- 100.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V fix 101-104.pdf

Download (93kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA fix 105-106.pdf

Download (200kB)
[img] Text
31. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Palmerah 17 Pagi, Jakarta Barat yang berjumlah 39 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki 4 tahapan dalam siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil data yang diperoleh pada siklus I dalam aspek berbicara menggunakan metode bermain peran sebesar 56,4% dari jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 80 atau hanya 22 siswa, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 74,3% atau 29 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 80, dan pada siklus III, terjadi peningkatan yang signifikan menjadi 92,3% atau 36 siswa telah mencapai nilai ≥ 80. Adapun hasil pemantau tindakan guru dan siswa dalam siklus I mencapai 76,6% dan 75%, siklus II mencapai 86,6% dan 83,3% dan pada siklus ketiga mencapai 93,3% dan 91,6%. Berdasarkan hasil penelitian, maka implikasinya adalah metode bermain peran dapat sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Palmerah 17 Pagi, Jakarta Barat. This classroom action research aims to determine whether of using role playing method could increase speaking skill the fourth grade students. The subject this classroom action research are the fourth grade students of SDN Palmerah 17 Pagi, West Jakarta, which amounted to 39 students. This classroom action research used Kemmis dan Mc Taggart models which has four phase in one cycle there are planning, acting, observing and reflecting. The result of the data obtained from first cycle in the aspects of speaking using role playing methods are 56.4% of total students who have reached a value ≥ 80 or only 22 students, then in the second cycle increased to 74.3% or only 29 students of total students who have reached a value ≥ 80, and the last cycle or third cycle there was significant increase to 92.3% or 36 students already reached a value ≥ 80. As for the results of monitoring the teacher and students’s action in first cycle reached 76.6% and 75%, in second cycle reached 86.6% and 83.3% and the last cycle or the third cycle reached 93.3% and 91.6%. Based on the results of the research, then the implication is the role playing methods could be an effort to increase speaking skill the fourth grade students of SDN Palmerah 17 Pagi, West Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zulela M.S, M. Pd ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:44
Last Modified: 07 Jun 2022 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29806

Actions (login required)

View Item View Item