PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PONDOK LABU 12 PAGI JAKARTA SELATAN

TRIA LUTMILA, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PONDOK LABU 12 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ALL.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara intrumen tes, lembar pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan foto-foto sebagai rekaman dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: pada siklus I jumlah siswa yang mendapat skor kategori baik sekali (skor 29-35) sebanyak 26 siswa sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mendapat skor kategori baik sekali sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa khususnya di SD Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan. Dengan demikian diharapkan guru hendaknya menggunakan pendekatan saintifik. This study was aimed at developing student’s reading comprehension through scientific approach. It was conducted at Pondok Labu 12 Pagi Public Elementary School South Jakarta in the 2nd semester of 2014-2015 academic years. The subject of this study was 36 fifth grade students. Classroom action research method utilizing cycle model proposed by Kemmis and Taggart was applied in this study. There were two cycles consist of twice sessions for each cycle. While each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The data were gathered from the instrument tests, teacher’s and student’s activity observation note, and also several teaching and learning activities photos. The result shown that 26 students had excellent score (29-35) in the first cycle, while this number was increased to 32 students in the second cycle, means that student’s reading comprehension was also increased. Based on that result, it can be concluded that scientific approach increased student’s reading comprehension especially at Pondok Labu 12 Pagi Public Elementary School South Jakarta, therefore it’s suggested to the teacher to use scientific approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sehati Kaban, M.Pd. ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:53
Last Modified: 07 Jun 2022 03:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29809

Actions (login required)

View Item View Item