PERILAKU MORAL ANAK KELAS 2 SEKOLAH DASAR SEBAGAI PENGHAFAL AL-QUR’AN

SRI MAULIDAR, . (2015) PERILAKU MORAL ANAK KELAS 2 SEKOLAH DASAR SEBAGAI PENGHAFAL AL-QUR’AN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Cover-Sri Maulidar.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (106kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI,ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (142kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.pdf

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan bagaimana perilaku moral anak sebagai penghafal Al-Qur’an khususnya pada anak kelas 2 Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Ummu Habibah Tangerang. Dengan subjek penelitian adalah anak kelas 2 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan mengamati dan mencari informasi kepada informan mengenai perilaku moral anak sebagai penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ummu Habibah. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku moral anak kelas 2 Sekolah Dasar sebagai penghafal Al-Qur’an adalah (1) anak menunjukan empati kepada teman dengan cara memberikan ketenangan kepada teman yang menangis, menyelesaikan masalah teman yang bertengkar dan memberikan nasihat, (2) anak merasa bersalah atas kesalahan yang dilakukan dengan cara minta maaf dan mengalah, (3) anak akan mementingkan kepentingan orang lain dengan cara membantu teman dan menyelesaikan permintaan orang lain, (4) anak melakukan pertimbangan dan penalaran dengan cara menegur teman yang bersalah, menunggu giliran, mematuhi peraturan dan menyesali kesalahan. ***** This study was aimed to look at and describe how moral behavior of children as Qur'an Keepers, especially 2nd grade of elementary school children are. This research was conducted at Ummu Habibah Boarding School, Tangerang. The subjects were grade 2 elementary school children. The method used in this study is a qualitative research. This data collected used observation, interview and documentation. The study was conducted by observing and seeking information to the subjects about the moral behavior of children as Qur'an Keepers in Ummu Habibah Boarding School. The findings of the research show that the moral behavior of class 2 elementary school children as Qur'an Keepers (1) children showed empathy by giving serenity to friends who cry, solving the problem of friends who quarrel and giving advice, (2) the child feels guilty of making mistakes by apologizing and being defeatist, (3) the child will be altruistic by helping friends and completing the request of others, (4) the child did judgment and reasoning by reprimanding the guilty friends, waiting their turn, complying regulations and regret the mistakes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd. ; 2). Sri Indah Pujiastuti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:09
Last Modified: 07 Jun 2022 05:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29815

Actions (login required)

View Item View Item