PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI

ADNAN, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS FULL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan hasil dari penggunaan media animasi untuk meningkatkan kemampuan matematika awal anak di TK B Satu Atap, Cilincing-Jakarta Utara tahun 2015. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan dengan menggunakan metode Stephen Kemmis, Robin McTaggart dan Rhonda Nixon yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yaitu skor tes yang diperoleh anak dalam meningkatkan kemampuan matematika awal melalui instrumen yang telah dibuat. Sedangkan analisis data kualitatif menggunakan teknik menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media animasi kemampuan matematika awal anak meningkat, yaitu rata-rata hasil pra-intervensi sebesar 62,06% dan hasil siklus II sebesar 87,13%, terdapat peningkatan sebesar 25,06%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media animasi merupakan salah satu media untuk meningkatkan kemampuan matematika awal. *****This study aims to explain the process and result of the use of animation media to improve childrens’ early mathematics skill in Satu Atap Kindergarten B, Cilincing- North Jakarta in 2015. This study is an action research that employed Stephen Kemmis, Robin McTaggart and Rhonda Nixon method, which consists of four steps that cover (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. The employed technique of data analysis is quantitative and qualitative data analysis. Quantitative data is the score obtained by the children in improving their early mathematic skill through the instrument made. While qualitative data of analysis used the technique in which according to Miles and Huberman consists of reduction data, display data, and conclusion. The result of the study shows that by the use of animation media, the children early mathematics skill has improved, that is in the average, the result of pre- intervention is 62,06% and the result of cycle II is 87,13%. There is an improvement up to 25,06%. Therefore, it can be concluded that animation media is one of the media to improve early mathematics skill.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd. ; 2). Dr. Wardani Rahayu, M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:58
Last Modified: 08 Jun 2022 02:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29841

Actions (login required)

View Item View Item