STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PERMULAAN BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI PAUD SANTI RAMA

Rizka Khairun Nisak, . (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PERMULAAN BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI PAUD SANTI RAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran membaca Al-Qur‟an permulaan untuk peserta didik tunarungu di PAUD Santi Rama. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengguanakan model Miles dan Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Hasil temuan menunjukkan bahwa kurikulum dibuat sendiri oleh pengajar dengan memodifikasi kurikulum membaca iqra pada umumnya dengan menerapkan prinsip latihan bicara. Tujuan ekstrakurikuler ini sebagai pengenalan dan pembiasaan terhadap agama Islam. Metode yang digunakan yaitu metode pembelajaran maternal reflektif dengan pendekatan metode ceramah, demonstrasi, pemberian tugas, identifikasi. Media yang digunakan yaitu diri pengajar, papan tulis, kapur, penunjuk, kartu huruf, dan buku iqra. Evaluasi yang dilakukan menggunakan teknik evaluasi proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Etty Hasmayati, M.Pd 2) Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Jan 2020 15:42
Last Modified: 24 Jan 2020 15:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2986

Actions (login required)

View Item View Item