MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LAEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN GUNTUR 08 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

SURAIDA, . (2015) MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LAEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN GUNTUR 08 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 .BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
12. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (95kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan sikap ilmiah IPA melalui model Cooperative Learning Type Group Investigation. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Guntur 08 Pagi Jakarta Selatan, dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 20 siswa pada semester II tahu pelajaran 2014-12015. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan reaksi. Hasil diperoleh pada setiap siklus adalah sebagai berikut: pada siklus I dari hasil pengamatan yang dilakukan obsever ketika proses pembelajaran berlangsung hasil yang diperoleh untuk rata-rata angket sikap ilmiah belajar IPA baru mencapai 65% sedangkan untuk instrumen pemantauan tindakan model cooperative learning type group investigation adalah 73%. Berdasarkan data-data tersebut maka disimpulkan bahwa penelitian belum mencapai target yang ditetapkan dan perlu dilanjutkan ke siklus II. Siklus II menunjukkan data hasil pengamatan tentang proses pembelajaran sudah terlaksana, hal ini dilanjutkan dengan hasil sebagai berikut: hasil yang diperoleh dari siklus II adalah 85% untuk rata-rata angket sikap ilmiah belajar IPA hal ini berarti mengalami kenaikan sebesar 20% dibandingkan dengan siklus I, sedangkan untuk instrumen pemantau tindakan model cooperative learning type group investigation adalah 92,3% hal ini berarti mengalami kenaikan sebesar 19,3% dibandingkan dengan siklus pertama. Data tersebut mencapai target yang diinginkan. Dengan demikian penelitian dicukupkan dengan siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa: pembelajaran melalui model coopertaive learning type group investigation dapat meningkatkan sikap ilmiah belajar IPA siswa kelas V SDN Guntur 08 Pagi Setiabudi Jkarta Selatan. This study aims to determine how efforts to improve the scientific attitude of science through models of Type Cooperative Learning Group Investigation.This study was conducted in Guntur SDN 08 Pagi South Jakarta, with fifth grade students study subjects are 20 students in the second semester out lessons 2014-12015.This research method is a class action and research conducted in two cycles consist of planning, action, observation and reaction. Results obtained in each cycle is as follows: in the first cycle of observations conducted observer when the learning process results obtained for the average scientific attitude questionnaire learn science Beru reached 65% while monitoring instruments models of cooperative learning type action group investigation is 73%. Based on these data it was concluded that the research has not reached the set target and needs to be continued EFD second cycle.Cycle II shows the observed data about the learning process has been implemented, it is followed with the following results: the results obtained from the second cycle was 85% for the average scientific attitude questionnaire learn science this means an increase of 20% compared with the first cycle, whereas for the monitoring instrument type action model of cooperative learning group investigation is 92,3%, this means an increase of 19,3% compared to the first cycle. Such data reach the desired target. Thus research dicukuppkan the second cycle.Based on the results of this classroom action research can be concluded that: learning through the model type group investigation coopertaive learning can improve learning scientific attitude fifth grade science students of SDN 08 Pagi Guntur Setiabudi, South Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd. ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:51
Last Modified: 08 Jun 2022 03:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item View Item