PENGARUH KEGIATAN MENDONGENG DENGAN MEDIA DAUR ULANG TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Eksperimen di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur)

Rizkha Hanifa, . (2018) PENGARUH KEGIATAN MENDONGENG DENGAN MEDIA DAUR ULANG TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Eksperimen di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR COVER (JUDUL).pdf

Download (105kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (4MB)
[img] Text
4. LEMBAR KEASLIAN (SCAN).pdf

Download (565kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan mendongeng dengan media daur ulang terhadap keterampilan komunikasi anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di BKB PAUD Rajawali, Kelurahan Cipinang Besar Selatan dengan sampel anak usia 4-5 tahun. Penelitian menggunakan design penelitian Post Test Only Control Grup Design dan pengumpulan data menggunakan instrumen observasi (checklist). Perhitungan normalitas yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh dari hasil kedua data normal, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,141 < 0,242) dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel (0,127 < 0,242). Selanjutnya dilakukan pengujian homogenitas data menggunakan uji F dan hasilnya kedua data juga homogen yaitu Fhitung < Ftabel atau 1,08 < 2,82. Adapun untuk pengujian hipotesis menggunakan uji –t diperoleh thitung > ttabel atau (8,157 > 1,717) artinya hipotesis nol ditolak (H0) dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dari kegiatan mendongeng dengan media daur ulang terhadap keterampilan komunikasi anak usia 4-5 tahun. Kegiatan mendongeng dapat dijadikan sebagai kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Azizah Muis, SP.d, M.Pd 2) Dr Nurjannah M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Jan 2020 15:45
Last Modified: 24 Jan 2020 15:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2987

Actions (login required)

View Item View Item