PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 26 JAKARTA

TAMARA PUTRI, . (2015) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi tamara.pdf

Download (117kB)
[img] Text
4._daftar_isi.pdf

Download (133kB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR tamara.pdf

Download (124kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI TAMARA.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB)
[img] Text
6._DAFTAR_PUSTAKA_TAMARA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empiris partisipasi masyarakat dalam implementasi MBS di SMKN 26 Jakarta yang beralamat di Jalan Balai Pustaka I, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2015 dengan menggunakan teknik snowball sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dalam dengan menggunakan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada Partisipasi Masyarakat dan Implementasi MBS, dengan sub fokus antara lain: bentuk partisipasi masyarakat di SMKN 26 Jakarta, wadah partisipasi masyarakat di SMKN 26 Jakarta, strategi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SMKN 26 Jakarta, dampak partisipasi masyarakat di SMKN 26 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan partisipasi masyarakat yang dilakukan dalam mendukung serta memajukan program sekolah sangat berpengaruh dalam manajemen sekolah sebagai perwujudan Manajemen Berbasis Sekolah yang menuntut sekolah untuk lebih mandiri dalam menentukan kebutuhannya. Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dibagi dalam tiga jenis yaitu ide/gagasan, tenaga, dan dukungan dana, sarana, dan prasarana. Wadah partisipasi yaitu komite sekolah agar partisipasi yang dilakukan tepat sasaran. Adapun strategi yang diterapkan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat adalah (1) Merangkul masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan (2) Mensosialisasikan program-program yang akan dilakukan dan (3) Sekolah memberikan akses keleluasaan pada masyarakat. Dampak partisipasi masyarakat yang dirasakan sekolah yaitu mendapat dukungan masyarakat terhadap program sekolah dan terbantu dalam pelaksanaan program yang dicanangkan. This study was aimed to determined empirically about manner Public participation of the community in the implementation of school-based management at SMKN 26 Jakarta at Balai Pustaka I, East Jakarta.Study was conducted in April to June 2015 by using techniques of sampling snowball. Methods used in this research is descriptive method with a qualitative approach. The data obtained by using observation type, interview and study documentation. This study focuses on the public participation of the community and implementation SBM, with sub focus: forms of public participation at SMKN 26 Jakarta, community Participation at SMKN 26 Jakarta, strategy in improving the participation of the community at SMKN 26 Jakarta, and the impact of community participation at SMKN 26 Jakarta. The result showed that the participation of the community to support and promote the school was very influential in the schools as embodiment of this our school-based management demanding school for more independent in determining their needs. Forms of public participation is divided into three types namely: the idea, energy and any funds that instrumentality and infrastructure. The participation of school participation are to be right on target. The strategy implemented to enhance the public participation is ( 1 ) embracing the community to participate and ( 2 ) familiarize programmes and school activities and ( 3 ) the school provides access to space in citizens.The public participation is a school that people to school programs get support and assist in the implementation of the declaration program

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurhattati Fuad, M.Pd. ; 2). Dr. Rugaiyah, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:19
Last Modified: 08 Jun 2022 07:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29874

Actions (login required)

View Item View Item