PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TERHADAP KEMAMPUAN ASESMEN GURU PAUD (Penelitian Ex-post Facto di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur)

Rizki Amalia Meidina, . (2018) PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TERHADAP KEMAMPUAN ASESMEN GURU PAUD (Penelitian Ex-post Facto di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RIZKI AMALIA MEIDINA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh kualifikasi akademik guru terhadap kemampuan asesmen guru PAUD. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan simple random sampling sehingga menghasilkan sampel penelitian pada PAUD Bhakti Ibu, PAUD Azkia, PAUD Taam Al-Ittihad, PAUD Cendrawasih, PAUD Nurul Hidayah, PAUD Musdalifah, PAUD Tunas Mulia dan PAUD Assafiinah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes soal pilihan ganda dan dianalisis menggunakan Analisis Varian (ANAVA) dan Uji-t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan ANAVA adalah Fhitung = 15.86 > Ftabel = 3.22. Dilanjutkan dengan Uji-t, diperoleh hasil thitung = 15 antara kelompok coba dan P1, kemudian P1 dan P2 thitung = 9.35 dan Kelompok Coba dan P2 thitung = 23.2, thitung > ttabel = 2.048 pada α =0.05. Menunjukkan bahwa semua H0 ditolak, maka H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terhadap pengaruh kualifikasi akademik guru terhadap kemampuan asesmen guru PAUD dengan melihat perbedaan pada kelompok penelitian. Implikasi hasil penelitian ini yaitu guru diharap memperhatikan kualifikasi akademik yang sesuai dengan standar untuk dapat meningkatkan kemampuan asesmen guru PAUD. Apabila sudah memenuhi kualifikasi akademik, maka guru dapat memberikan pembelajaran yang tepat, guna meningkatkan kemampuan asesmen guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ami 2) Hapidin
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Jan 2020 15:52
Last Modified: 24 Jan 2020 15:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2989

Actions (login required)

View Item View Item