Strategi Pembelajaran Tilawati dalam Membaca Al-Qur’an (Penelitian Deskriptif Kualitatif di TK Islam Al-Azhar 6 Sentra Primer, Cakung, Jakarta Timur)

Rizkia Rahayu Wisuda, . (2018) Strategi Pembelajaran Tilawati dalam Membaca Al-Qur’an (Penelitian Deskriptif Kualitatif di TK Islam Al-Azhar 6 Sentra Primer, Cakung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
4. LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi pembelajaran tilawati dalam membaca Al-Qur’an di TK Al-Azhar 6 Sentra Primer yang dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tilawati di TK Islam Al-Azhar 6 Sentra Primer, Cakung, Jakarta Timur memiliki tujuan untuk menjadikan anak dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, dapat mencintai Al-Qur’an serta gemar membaca Al-Qur’an. Perencanaan pembelajaran tilawati dibuat oleh guru setiap tahunnya yaitu protah, prosem, dan proterm. Metode yang digunakan klasikal dan metode baca simak. Media yang digunakan sangat bervariasi yaitu buku tilawati, kartu huruf hijaiyah buku prestasi, kalam, papan standing, dan kalender tilawati atau flip chart. Materi yang digunakan yaitu tilawati 1 sampai 6 dengan perbedaan penambahan pengenalan harakat di setiap jilidnya. Evaluasi dilakukan pada saat anak membaca buku tilawati, evaluasi tilawati mengarah pada bagaimana anak membaca sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, ada tiga indikator penilaian yaitu kelancaran membaca, makhorijul huruf, dan nada rost, pengolahan nilai tilawati dilakukan setiap minggu oleh guru untuk diambil rata-rata pada penilaian di raport tiap semester.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Azizah Muis, M.Pd 2) Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Jan 2020 15:55
Last Modified: 24 Jan 2020 15:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2990

Actions (login required)

View Item View Item