Pengembangan Blended Learning untuk Mata Kuliah Pengantar Organisasi Belajar di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Rizky Ramadhan, . (2018) Pengembangan Blended Learning untuk Mata Kuliah Pengantar Organisasi Belajar di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
A. Cover Halaman Depan.pdf

Download (265kB)
[img] Text
C. Lembar Persetujuan.pdf

Download (264kB)
[img] Text
D. Lembar Originalitas.pdf

Download (234kB)
[img] Text
G. Daftar Isi.pdf

Download (44kB)
[img] Text
J. Bab 1 sampai Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan blended learning berdasarkan model Integrative Learning Design Framework dengan melalui tiga tahapan yakni eksplorasi, penyusunan, serta evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, dengan responden yakni ahli desain pembelajaran 1 orang, ahli media 1 orang, ahli materi 1 orang, responden pada tahap one-to-one 5 orang, dan responden pada tahap small group berjumlah 10 orang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap eksplorasi: melakukan eksplorasi mengenai informasi-informasi yang dapat dijadikan rujukan untuk pengembangan desain pembelajaran blended; (2) tahap penyusunan: melakukan penyusunan terhadap produk yang dikembangkan, merujuk pada hasil dalam tahap eksplorasi berupa desain pembelajaran blended, prototype media pembelajaran serta penyusunan keseluruhan program blended learning; dan (3) tahap evaluasi: melakukan uji coba atau evaluasi untuk mengetahui hasil pengembangan yang telah dilakukan. Hasil ujicoba produk pengembangan pada tahap expert review ahli desain pembelajaran menunjukkan kategori baik dengan persentase 86.95%, hasil expert review media menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 100%, hasil expert review materi menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 79,41%, hasil ujicoba one-to-one menunjukkan hasil dengan kategori “sangat baik” yang ditunjukkan dengan rata-rata produk hasil ujicoba sebesar 3.65, dan hasil ujicoba Small Group menunjukkan hasil dengan kategori “sangat baik” yang ditunjukkan dengan rata-rata produk hasil ujicoba sebesar 3.67. Implikasi hasil penelitian ini adalah secara umum produk yang dihasilkan dapat menjadi suatu intervensi untuk memfasilitasi belajar melalui rancangan pembelajaran dengan format blended. Berdasarkan keterbatasan yang ada di pembelajaran sebelumnya yang masih menerapkan format tatap muka secara penuh, pembelajaran blended ini menawarkan solusi untuk memecahkan keterbatasan tersebut melalui penyediaan materi pembelajaran secara daring agar mahasiswa dapat belajar secara efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Uwes Chaeruman, M.Pd 2) Cecep Kustandi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Jan 2020 16:04
Last Modified: 24 Jan 2020 16:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item