PENGARUH LITERASI DIGITAL, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA SEMESTER 113 (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2020)

NOVIA PUTRI RAMADANI, . (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA SEMESTER 113 (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab - 2.pdf

Download (0B)
[img] Text
Bab - 5.pdf

Download (0B)
[img] Text
Bab - 1.pdf

Download (0B)
[img] Text
Bab - 3.pdf

Download (0B)
[img] Text
Bab - 4.pdf

Download (0B)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (566kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (996kB)
[img] Text
Skripsi Publikasi Jurnal_Novia Putri Ramadani_1701617042.pdf

Download (580kB)
[img] Text
Bab 1-5 Skripsi_Novia Putri Ramadani (Revisi).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Table of Content.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat literasi digital mahasiswa, efektivitas dan kualitas penggunaan media pembelajaran, serta efektivitas pembelajaran online yang dilakukan dalam masa pandemi Covid-19 baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar kognitif berupa indeks prestasi semester 113 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta pada Semester 113. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomoi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018-2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan rumus Slovin dengan jumlah responden didapat sebanyak 196 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Literasi Digital tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa hal ini didapat dari nilai thitung variabel Literasi Digital sebesar 0,284 dengan nilai signifikansi > 0,05 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. (2). Terdapat pengaruh positif antara Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar dilihat dari nilai thitung dari media pembelajaran yaitu 2,209 dengan nilai signifikansi < 0,05 yang berarti H0 ditolak. (3). Terdapat pengaruh negatif antara Pembelajaran Online dengan Hasil Belajar dilihat dari nilai thitung dari media pembelajaran yaitu 2,209 dengan nilai signifikansi < 0,05 yang berarti H0 ditolak. This study aims to determine the effect of students' digital literacy levels, the effectiveness and quality of using learning media, as well as the effectiveness of online learning carried out during the Covid-19 pandemic, either partially or simultaneously on cognitive learning outcomes in the form of semester 113 achievement index students of the Faculty of Economics Education Study Program. Economics, State University of Jakarta in Semester 113. This research is a correlational research with a quantitative approach. The population in this study were students of the Economic Education study program, Faculty of Economics, State University of Jakarta, batch 2018-2020. Sampling in this study using the Simple Random Sampling technique with the Slovin formula with the number of respondents obtained as many as 196 students. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique used is multiple regression analysis. The results showed that: (1). Digital Literacy has no significant effect on Student Learning Outcomes, this is obtained from the tcount value of the Digital Literacy variable of 0.284 with a significance value > 0.05, which means H0 is accepted and Ha is rejected. (2). There is a positive influence between Learning Media and Learning Outcomes seen from the tcount value of the learning media, which is 2.209 with a significance value of <0.05, which means H0 is rejected. (3). There is a negative influence between Online Learning and Learning Outcomes seen from the tcount value of the learning media, which is 2.209 with a significance value of <0.05, which means H0 is rejected.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si, 2)Herlitah, M.Ec., Dev
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:42
Last Modified: 13 Jun 2022 03:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29934

Actions (login required)

View Item View Item