PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATERI SUHU DAN KALOR BERBASIS SCIENTIFIC METHOD UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

FITRI SAVITRI, . (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATERI SUHU DAN KALOR BERBASIS SCIENTIFIC METHOD UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (719kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis scientific method sebagai salah satu pendukung dalam praktikum fisika khususnya pada materi suhu dan kalor dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains (KPS). Penelitian ini dilakukan di SMAN 22 Jakarta Timur kelas X dengan membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE untuk menganalisis, mendisain, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi LKS. Uji kelayakan LKS berbasis scientific method tidak hanya dilakukan oleh para ahli untuk materi dan media, tetapi juga divalidasi oleh pengguna. Hasil dari ahli media yaitu 80,96%, dari ahli materi 89,83% dan hasil ujicoba pada pengguna didapat 83,16% dari guru dan 82,88% dari siswa. Untuk menguji keefektifan LKS digunakan uji n-gain, hasil n-gain pada setiap kelas kontrol dan eksperimen kemudian dibandingkan untuk melihat penigkatan KPS pada masing-masing kelas. Terdapat peningkatan nilai KPS kelas eksperimen 30% lebih tinggi dari kelas kontrol, dimana nilai KPS pada kelas eksperimen meningkat sebesar 56%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis scientific method layak digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA *The purpose of this study is to develop a student’s worksheets based on scientific method as one of the supporters in laboratory, especially on the material temperature and heat can increase the science process skills. The research was conducted at SMAN 22 Jakarta Timur by comparing two classes of grade X as experimental and control class. This research used ADDIE approach to analyze, design, development, implement and evaluation the worksheet. Worksheet feasibility test results based on scientific method has been validated by experts for material and media, but also validated by the user. The result of media experts are 80.96%, from material experts are 89.83% and the result of user are 83.16% from teachers and 82.88% from students. N-gain test used to test the effectiveness of worksheet, the results of n-gain on each control and experiment class are then compared to see an increase in SPS in each class. There is an increase in the value of the experimental class 30% higher than the control class, where the value of the SPS in the experimental class increased by 56%. Therefore, it can be concluded that the worksheet based on scientific method is fit for use and worksheet can increase science process skills in high school.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Agus Setya Budi, M.Sc ; 2). Dr. Mangasi Alion Marpaung, M.Si
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:16
Last Modified: 10 Jun 2022 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29943

Actions (login required)

View Item View Item