PENGARUH METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA SANDI MORSE DAN GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA MORAL/FABEL SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 36 JAKARTA SELATAN

FAUZI AFRIANSYAH, . (2016) PENGARUH METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA SANDI MORSE DAN GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA MORAL/FABEL SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 36 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
SKRIPSI_FAUZI AFRIANSYAH 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Team Assisted Individualization dengan media sandi morse dan gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 36 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group dan memiliki jumlah sampel 50 orang siswa. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (liliefors) diperoleh Lhitung = 0.0768 pada kelas eksperimen, dan Lhitung = 0.1303 pada kelas kontrol, sedangkan L tabel pada taraf signifikansi α = 0.05 adalah 0.173. Maka didapat hasil Lo < Lt maka data dinyatakan normal. Hasil Uji homogenitas (Uji Fisher) diperoleh F hitung 0.397, dan F tabel 1.98 pada taraf signifikansi α = 0.05. Karena F hitung < F tabel maka data dinyatakan homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh t hitung = 2.601 dan t tabel = 1.706 pada taraf signifikansi α = 0.05. Karena t hitung > t tabel berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Team Assisted Individualization dengan media sandi morse dan gambar berseri berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 36 Jakarta Selatan. Pada tahap penilaian, terdapat tujuh aspek yang dinilai. Aspek amanat dan aspek unsur kebahasaan merupakan aspek yang memiliki pencapaian nilai paling tinggi dari aspek yang lain. Pencapaian kedua aspek tersebut menunjukkan 99% siswa sudah mengerti mengenai aspek amanat dan unsur kebahasaan pada saat kegiatan postes di kelas eksperimen. Sedangkan, aspek ejaan dan tanda baca merupakan aspek yang memiliki pencapaian nilai paling rendah dari aspek yang lain yaitu sebesar 52%. Berdasarkan hasil di atas, Metode Team Assisted Individualization dengan media sandi morse dan gambar berseri dapat dijadikan sebagai metode yang baik untuk pembelajaran teks cerita moral/fabel selain itu, dapat diimplikasikan terhadap materi pembelajaran teks eksposisi pada kompetensi dasar 3.2 dan 4.2. Guru disarankan melakukan persiapan yang tepat dan matang agar tidak memakan waktu yang lama, karena penggunaan metode Team Assisted Individualization dengan media sandi morse dan gambar berseri dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N. Lia Marliana, S.Pd. M.Phil ; 2). Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Jan 2020 16:58
Last Modified: 24 Jan 2020 16:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item