PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 31 JAKARTA

ADINDA NURUL FAJRIAN, . (2013) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Other (other)
ADINDA NURUL F (8115083551).PDF

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mendapat pendekatan kontekstual (CTL) dengan siswa yang mendapat pendekatan konvensional (ceramah). Berdasarkan teori dan konsep serat kerangka berpikir, maka dirumuskan hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 31 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 terhitung mulai tanggal 30 Juli 2012 sampai dengan tanggal 4 September 2012. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas yang berjumlah 65 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak proporsional. Instrument penelitian ini berupa tes pilihan ganda dan essay sebanyak 25 soal dari 3 pertemuan. Instrument ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar Komunikasi siswa di kedua kelas tersebut. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan t-tes pada taraf signifikansi 0.05. dari hasil penghitungan data diperoleh thitung sebesar 8.20 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0.05 dengan derajat kebebasan (dk) 63 adalah 2.00. Ini berarti nilai t hasil penghitungan lebih lebih besar dari nilai t table, sehingga nilai t hitung signifikan untuk menolak Ho pada taraf signifikansi 0.05. dari penghitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan (uji-t) diperoleh rata-rata hasil belajar Komunikasi siswa yang mendapat pembelajaran kontekstual (X1 = 80.41) lebih tinggi dari hasil belajar Komunikasi siswa yang mendapat pembelajaran konvensional (X2 = 72.70). The purpose of this research is to find out empirically whether there is a difference of student’s achievement between students who get contextual teaching and learning approach with students who get conventional approach. Based on the theories, concepts, and thinking framework exist, it could be formulated the hypothesis of research which claim that there is a difference achievement in studying Communication between students who get contextual teaching and learning approach with students who get conventional approach. This research is conducted at SMKN 31 Jakarta on anomalous semester of 2012/2013 year school since 30th of July until 4th of September 2012. The method that used in this research was quasi experiment, with two classes being it sample 65 students’s respectively. The samples were taken by using proportional random sampling technique. The research instruments used was multiple choice and essay test which number of question are 25 with 3 times learning process. The data existed being analyzed by using t-test on significance of 0.05. from the result of analysis conducted, that t count was 8.20 while t table on significance of 0.05 with unimpeded (free) degree [dk] 63 was 2.00. It means that t count is bigger than t table so that t count was significant to deny Ho on significance of 0.05. The result of this research concluded that the average of achievement in studying Communication with Contextual Teaching and Learning Approach (X1 = 80.41) is higher than Conventional Approach (X2 = 72.70)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bagyo Handoko S., MM ; 2). Ati Sumiati, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:17
Last Modified: 13 Jun 2022 04:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29971

Actions (login required)

View Item View Item