PENGARUH METODE LATIHAN DRILL DAN TAKTIS TERHADAP KEMAMPUAN TACKLE RUGBY PADA ATLET PEMULA KLUB RUGBY UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MOHAMAD YUSUF ARDIANTO, . (2017) PENGARUH METODE LATIHAN DRILL DAN TAKTIS TERHADAP KEMAMPUAN TACKLE RUGBY PADA ATLET PEMULA KLUB RUGBY UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TACKLE Pengaruh Metode Latihan Drill Terhadap Kemampuan Tackle Rugby Atlet Pemula.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh metode latihan Drill terhadap kemampuan tackle Rugby pada atlet pemula klub Rugby Universitas negeri Jakarta, (2) Mengetahui pengaruh metode latihan Taktis terhadap kemampuan tackle Rugby pada atlet pemula klub Rugby Universitas negeri Jakarta, (3) Mengetahui perbandingan pengaruh pada penggunaan metode latihan Drill dengan metode Taktis dalam kemampuan tackle Rugby pada atlet Pemula Klub Rugby UNJ. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 maret 2017 di lapangan softball GOR Rawamangun, Jalan Pemuda No. 10 Rawamangun , Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah Eksperimen dengan teknik Two Group Randomized Subject Pretest-Postest Control Group Design, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang berjumlah 22 orang dari total populasi 55 orang, dianalisis menggunakan Uji-T-Independen pada taraf kepercayaan (α) = 0,05 (5%). Data tes akhir tackle pada kelompok Drill dan kelompok Taktis memperoleh standar perbedaan antara dua rata-rata (SEMxMy) = 1,78 dengan t-hitung diperoleh = 2,601 kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan tabel T pada derajat keabsahan (dk) = n1 + n2 - 2 = 11 + 11 - 2 = 20 pada taraf kepercayaan (α) = 0,05 diperoleh nilai kritis t-tabel 2,086 (t-hitung = 2,601 > t-tabel = 2,086). Kesimpulan akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengaruh metode latihan Drill terhadap kemampuan tackle Rugby lebih besar dibandingkan dengan kelompok dengan metode latihan Taktis pada atlet pemula klub Rugby Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Iwan Barata, M.Pd, 2) Sujarwo, M.Pd,
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Jun 2022 22:49
Last Modified: 10 Jun 2022 22:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30009

Actions (login required)

View Item View Item