FIKA HADININGRUM KUSUMAWATI, . (2016) The Pedagogic Discourse in an English Class in an Elementary School. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
Text
i. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
ii. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
Text
iii. LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
iv. ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
SKRIPSI FIKA HADININGRUM KUSUMAWATI.pdf Download (569kB) |
|
Text
v. ABSTRACT.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
AUTHOR BIOGRAPHY.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
Abstract
Penelitian Ini bertujuan untuk menganalisa dan menemukan tujuan dan fungsi bahasa guru untuk siswa Sekolah Dasar. Interaksi guru dan siswa di dalam kelas dijadikan sebagi sumber data dalam penelitian ini. Transkrips dari video observasi dianalisa menggunakan teori fungsi dari Halliday (2004) untuk menemukan tujuan dan fungsi dari ujaran guru. Peneliti menemukan 640 ujaran yang terdiri dari 420 ujaran guru dan 220 ujaran siswa. Penemuan menunjukan bahwa 420 ujaran guru terdiri dari instructional (275 ujaran)dan regulative register (145 ujaran). Instructional register mendominasi ujaran guru. Instructional register muncul ketika guru memberikan inisiai (82%), respon (3%), and umpan balik (15%) kepada siswa. Tipe dari inisiasi yang diberikan oleh guru saat memberikan bertanyaan, memberikan perintah, dan memberikan pernyataan. Guru bertanya untuk berberapa tujuan, diantaranya bertanya untuk mengecek pemahaman siswa, mengajukan konfirmasi, dan membimbing siswa dalam menjawab pertanyaan. Selain memberikan pertanyaan, guru juga memberikan perintak ke pada siswa untuk membaca soal atau paragraph dan perintah untuk menjawab pertanyaan guru. Guru juga memberikan pernyataan kepada siswa saat menjelaskan pelajaran. Guru juga memberikan respon kepada siswa saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa. Selain memberikan inisiasi dan respon, guru juga memberikan umpan balik diantaranya memberikan pujian dan mengevaluasi jawaban siswa. Sedangkan regulative register muncul ketika guru mengatur kelas diantaranya memberikan perintah kepada siswa untuk membaca bacaan dalam hati, untuk berkonsentrasi, dan untuk tidak membuat keributan di dalam kelas. Penemuan dari study ini menunjukan bawa interaksi kelas didominasi oleh instructional register seperti mengajukan pertanyaan, memberikan perintah, memberikan pernyataan, dan memberikan umpan balik untuk siswa yang dilakukan untuk membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Siti Wachidah, Ph.D ; 2). Dr. Sudarya Permana, M.Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 12:16 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 12:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3002 |
Actions (login required)
View Item |