FIRDA FUJI LESTARI, . (2016) PENGARUH METODE SUGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP 97 JAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI FIRDA 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Sugestopedia terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP 97 Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016. Semester kedua pada bulan Mei dikelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan prates dan pascates( pretest and posttes design) dua kelompok. Uji Fisherdigunakan sebagai uji homogenitas. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 1,346 berdasarkan distribusi dengan dk= 29dan taraf signifikasi 0,05 diperoleh Ftabel = 1,699, dari hasil tersebut diperoleh Fhitung ≤ Ftabel . Dengan demikian, populasi memiliki varians yang homogen. UjiLiliefors digunakan sebagai uji normalaitas. Dari hasil perhitungan diperoleh Lhitung = 0,161 berdasarkan distribusi dengan dk = 29 dan taraf signifikasi 0,05 diperoleh Ltabel = 0,074 untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,155 dan Ltabel = 0,161 dari hasil tersebut diperoleh Lhitung ≤ Ltabel. Dengan demikian, populasi berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan Uji-t, diperoleh thitung sebesar 6,049 pada dk = 58 dalam taraf signifikasi (α) sebesar 0,05, sedangkan ttabel diperoleh melalui interpolasi sebesar 2,002, maka 6,049 > 2,002 sehingga hipotesis diterima. Rata-rata kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas eksperimen adalah 81 lebih tinggi dari kemampuan menulis puisi siswa kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata 70. Oleh sebab itu, terdapat pengaruh metode sugestopedia terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP 97 Jakarta Timur.Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metodesugestopedia dalam menulis teks cerpen yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Metode tersebut membantu siswa mempunyai sugesti yang positifdalammenulistekscerpensehinggamuncul imajinasi-imajinasi dan ide dalam bebas mencipta. Saran yang dapat diberikan adalah pergunakanlah metode sugestopedia akan membuat penembangan ide menjadi lebih mudah kreatif dan variatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Sintowati Rini Utami, M.Pd ; 2). Erfi Firmansyah, M.A |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 12:24 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 12:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3003 |
Actions (login required)
View Item |