PENGARUH DIAMETER LUBANG NOZZLE WATER INJECTION TERHADAP PERFORMA MESIN PADA NISSAN CEFIRO RB20E

KIKI MAHAR RIZKI, . (2017) PENGARUH DIAMETER LUBANG NOZZLE WATER INJECTION TERHADAP PERFORMA MESIN PADA NISSAN CEFIRO RB20E. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Kiki Mahar Rizki (5315100229).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisa pengaruh injeksi air yang dikabutkan ke dalam intake manifold melalui nozzle yang ditempatkan di sambungan throttle body untuk mencegah detonasi atau kenaikan suhu mesin berlebih, serta pengaruhnya terhadap performa mesin. Penelitian terlebih dahulu melakukan overhaul mesin pada komponen internal mesin seperti : mengganti piston beserta ringnya dan memperbesar 0,5 mm dinding silinder dari ukuran standarnya (oversize 50). Hal ini bertujuan agar tekanan kompresi mesin kembali normal (sekitar 12 kg/cm2). Adapun mesin RB20E yang dimaksud terpasang pada mobil Nissan Cefiro A31 tahun 1991. Setelah melakukan oversize terjadi perbesaran volume silinder mesin dari 1998 cm3 menjadi 2024 cm3, namun rasio kompresi tetap 9,5:1. Kemudian memasang alat water injection dengan tekanan air konstan 100 Psi dan variasi diameter lubang nozzle ukuran 1 um, 2 um, dan 3 um. Pengaktifan rangkaian water injection berdasarkan putaran mesin kendaraan (ignition transistor signal dan tachometer speed signal) yang diatur oleh micro switch. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diameter lubang nozzle water injection terhadap torsi dan daya yang dihasilkan oleh kendaraan, konsumsi bahan bakar (fuel consumption), kenaikan suhu mesin, air fuel ratio, dan konsumsi injeksi air (water consumption). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di 2 (dua) tempat yaitu : proses overhaul kendaraan, pemasangan alat water injection, dan pengujian performa mesin II (uji konsumsi bahan bakar) dilakukan di Aototechnic bertempat di daerah Mampang Prapatan, sedangkan pengujian performa mesin I (dyno test) dilakukan di PT. Khatulistiwa Suryanusa di daerah Pramuka Raya. Waktu pelaksanaan penelitian ini dari bulan Juni 2016 sampai dengan bulan Maret 2017. Pengujian performa mesin pada penelitian ini menggunakan on-wheel dynamometer, dan uji konsumsi bahan bakar menggunakan alat bantu fuel pump. This study analyzes the influence of atomized water injection into the intake manifold through a nozzle that is placed in the connection of the throttle body to prevent detonation or excessive engine temperature rise, and the effect on engine performance. Research first perform engine overhaul on the engine's internal components such as : replacing the piston along the rings and the cylinder wall 0.5 mm increase of the standard size (oversized 50). It is intended that the engine compression pressure is back to normal (about 12 kg / cm2). The RB20E engine is mounted on the Nissan Cefiro A31 in 1991. After going on a magnification oversize volume of 1998 cm3 engine cylinder into 2024 cm3, but the compression ratio remains 9.5 : 1. Then installing a water injection with constant water pressure of 100 psi and variations in hole diameter nozzle size of 1 um, 2 um and 3 um. Firing range of water injection by the vehicle engine rotation (transistor ignition speed signal and tachometer signal) which is regulated by micro switches. This study aims to know influence of water injection nozzle hole diameter of the torque and power generated by the vehicle, the fuel consumption, the increase in engine temperature, air fuel ratio, and the consumption of water injection. The method used in this study is the experimental method. The research was conducted in two (2) places, namely : vehicle overhaul process, the installation of water injection apparatus and engine performance test II (test fuel consumption) is performed in Aototechnic located in the area of Mampang Prapatan, South Jakarta. While testing the performance of the engine I (dyno test) was conducted at PT. Khatulistiwa Suryanusa in the Pramuka Raya, Central Jakarta. The timing of this study from June 2016 to March 2017. Engine performance test in this study using the on-wheel dynamometer, and fuel consumption test using the tools of fuel pump.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Darwin Rio Budi Syaka, S.T., M.T. 2) Nugroho Gama Yoga, S.T., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Jun 2022 05:28
Last Modified: 11 Jun 2022 05:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30035

Actions (login required)

View Item View Item