Lecturers’ Perceptions toward the Implementation of Integrated Skill Approach on Teaching Activities in English for Interpersonal Communication at English Department of UNJ (A Case Study)

Fitra Rakhmayani. Kh, . (2016) Lecturers’ Perceptions toward the Implementation of Integrated Skill Approach on Teaching Activities in English for Interpersonal Communication at English Department of UNJ (A Case Study). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
Biografi Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (460kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (364kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
Table of Content.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Persepsi dosen memiliki peranan penting untuk mengembangkan mata kuliah dalam pengajaran. Setiap dosen memiliki persepsi masing-masing dalam mengimplementasikan mata mata kuliah keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan persepsi-persepsi dosen terhadap implementasi pendekatan keterampilan terintegrasi pada aktivitas pengajaran pada mata kuliah English for Interpersonal Communication di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggis UNJ. Penelitian ini menggunakan angket dan wawancara sebagai instrumen. Penelitian ini melibatkan 4 dosen yang telah mengajar mata kuliah keterampilan ini. Temuan dari penelitian ini adalah persepsi dosen terhadap implementasi pendekatan keterampilan terintegrasi terhadap tiga komponen dari aktivitas pengajaran; RPKPS, aktivitas kelas, dan evaluasi. Penafsiran data menunjukkan bahwa dari RPKPS. Mereka berpersepsi bahwa mata kuliah ini didasarkan pada landasan teori dari pendekatan komunikatif. Dengan menggunakan pendekatan terintegrasi, dosen mampu mengembangkan keterampilan pelajar dalam pengajaran. Meskipun, 25% dosen menyatakan bahwa pendekatan terpisah lebih baik. Alasannya adalah pelajar bisa menguasai menguasai tiap skill lebih spesifik. Dalam aktivitas kelas, peran pendekatan keterampilan terintegrasi juga mendapat pandangan positif dari dosen. Dosen mengombinasikan satu mata kuliah ke mata kuliah lainnya untuk mendapatkan skill yang lain dari skill yang berhubungan. Dari evaluasi, 100% dosen menilai pelajar berdasarkan pada penampilan siswa di semua skill. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mata kuliah keterampilan ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan terintegrasi mendapatkan respon positif oleh dosen dan memberikan rekomendasi terhadap kelanjutan implementasi mata kuliah keterampilan ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 27 Jan 2020 12:31
Last Modified: 27 Jan 2020 12:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3004

Actions (login required)

View Item View Item