UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUNDUL BOLA (HEADING) DENGAN MEDIA BOLA GANTUNG PADA SISWA USIA 15-16 TAHUN SSB MUTIARA CEMPAKA JAKARTA PUSAT

MUHAMAD SELO GALIH, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUNDUL BOLA (HEADING) DENGAN MEDIA BOLA GANTUNG PADA SISWA USIA 15-16 TAHUN SSB MUTIARA CEMPAKA JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi FIK MSG.pdf

Download (3MB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (536kB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyundul bola (heading) pada siswa usia 15-16 tahun SSB mutiara cempaka jakarta pusat ,jumlah siswa 30 orang siswa, metode yang di lakukan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (Action Research) dangan teknik pengambilan data kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini melibatkan pelatih ssb mutiara cempaka sebagai kolabolator, penelitian ini di lakukan sebanyak II siklus dimana di setiap siklusnya terdapan 3 kali pertemuan. Kegiatan siklus I di awali dengan tes awal dimana peneliti dapat mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam menguasai teknik menyundul bola sebelum di berikan perlakuan dari peneliti,kemudian siswa di berikan perlakuan dari peneliti dan di berikan stimulus berupa media yang di buat oleh peneliti yaitu media bola gantung, perlakuan ini di lakukan sebanyak 3 kali pertemuan sesui dengan penjelasan di awal dan setelah itu peneliti melakukan tes akhir siklus pertama,dari hasil siklus pertama yang di realisasikan peneliti mendapati adanya perkembangan dari para siswa namun masih belum memenuhi batas minimum ketuntasan sehingga peneliti dan kolabor sepakat bahwa perlu mengadakan siklus selanjutnya yaitu siklus ke II Kegiatan siklus ke II yang di realisasikan peneliti melalui media bola gantung memberikan hasil yang baik berupa, 1) siswa dapat memahami konsep gerak menyundul bola heading , hal ini dapat di ketahui dari cara siswa melakukan dan memahami dalam menyundul bola,2) siswa dapat belajar menyundul bola dengan baik, 3) motivasi siswa dan percaya diri siswa meningkat pada saat latihan dengan media bola gantung. Pada penelitan ini di jelaskan bahwa pada tes awal di dapati data kemampuan siswa yang lulus belajar menyundul bola dalam permainan sepak bola yaitu sebanyak 11(36,67%) dan yang tidak lulus sebanyak 19(64,33%) siswa yang tidak lulus. Pada sisiklus I terjadi peningkatan yang signifikan, siswa yang lulus 24(80,%) siswa yang lulus sedangkan yang tidak lulus sebanyak 6(20%) siswa, pada siklus ke II terlihat peningkatan maksimal yaitu terdapat 30(100%) siswa smua lulus. Keterangan dari hasil penelitian ini adanya peningkatan dari hasil pembelajaran menyundul bola dalam permainan sepak bola melalui media bola 7 gantung dari tes awal menghasilkan prosentase sebesar 36,67% siswa yang dapat melakukan teknik menyundul bola dengan benar,kemudian di lakukan siklus I di dapati peningkatan yaitu 80% siswa yang dapat meningkatkan hasil latihan dengan benar,dan pada siklus ke II dengan hasil sebesar 100% siswa dapat meningkatkan kemampuan menyundul bola memukul dengan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. H. Taufik Rihatno 2) Muchtar Hendra Hasibuan M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Jun 2022 05:59
Last Modified: 11 Jun 2022 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30051

Actions (login required)

View Item View Item