PENGARUH PISTON HIGH DOME TERHADAP DAYA DAN TORSI MOTOR BEBEK 125 CC

JENDA KSATRIA SEMBIRING, . (2017) PENGARUH PISTON HIGH DOME TERHADAP DAYA DAN TORSI MOTOR BEBEK 125 CC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DATA SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh piston high dome terhadap kinerja mesin (daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar). Selain itu juga untuk melihat perbandingan kinerja mesin serta dengan menggunakan piston standar (datar) dan piston high dome. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan 1 unit Sepeda Motor 4 Tak 125 CC dan Piston High Dome. Pada penelitian ini dilakukan empat variasi pengujian, yaitu menggunakan piston A, piston B, piston C, dan piston D. Selanjutnya dilakukan, pengujian daya dan torsi dengan uji dynotest. Dan perhitungan bahan bakar dilakukan berdasarkan AFR (Air Fuel Ratio) dengan menghitung bahan bakar spesifik (Be/sfc) dan efisiensi bahan bakar (nf). Dari hasil penelitian ini didapatkan daya pada piston D 11,6 Hp pada rpm 8250. Torsi didapatkan pada piston B 11,55 Nm pada rpm 3750. Konsumsi bahan bakar (Be) paling rendah didapatkan pada piston B 345,97 g/kW-jam pada rpm 3750. Untuk efisiensi bahan bakar (nf) yang lebih efisien pada piston B sebesar 23,6490% pada rpm 3750. Maka kesimpulannya dengan dengan menggunakan piston high dome dapat meningkatkan daya dan torsi mesin. This study aimed to determine the effect of the high dome of the piston engine performance (power, torque, and fuel consumption). It is also to see a comparison of performance of the machine as well as by using a standard piston (flat) and piston high dome. The research method is experimental method. The research instrument used 1 unit motorcycles 4 stroke 125 CC and Piston High Dome. In this study, four variations of the test, which uses a piston A, piston B high dome with, high piston dome C, and the dome D. Then performed, testing power and torque with dynotest test. And the calculation of fuel carried by AFR (Air Fuel Ratio) to calculate specific fuel (Be / sfc) and fuel efficiency (nf). From the results of this study, the highest power on the piston C 11.6 hp at 8250 rpm high torque obtained on the piston A 11.55 Nm at 3750 rpm Fuel consumption (Be) the lowest obtained at piston A 345.97 g / kW -Clock at 3750 rpm for fuel efficiency (nf) A more efficient piston A of 23.6490% in 3750. So the conclusion rpm by using high piston dome to increase power and torque of the engine.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Darwin Rio Budi Syaka 2) Ragil Sukarno, ST . MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Jun 2022 07:02
Last Modified: 11 Jun 2022 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30067

Actions (login required)

View Item View Item