PENGARUH EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 38 JAKARTA DI ERA PANDEMI COVID-19

Muchamad Robiyansah, . (2022) PENGARUH EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 38 JAKARTA DI ERA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas media pembelajaran online, efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi berdasarkan data yang valid dan dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 38 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yakni seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data pada variabel X1 (Efektivitas Media Pembelajaran Online), variabel X2 (Efikasi Diri) dan variabel Z (Motivasi Belajar) diukur menggunakan skala likert. Sedangkan untuk variabel Y (Hasil Belajar Siswa) menggunakan data nilai skor hasil ujian siswa yang diberikan oleh guru SMA Negeri 38 Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji hipotesis, analisis deskriptif dan analisis jalur. Uji persyaratan analisis yang dilakukan menujukkan hasil yakni data berdistribusi normal dan linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas media pembelajaran online tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, efikasi diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, efektivitas media pembelajaran online berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar, efikasi diri berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar, Hal lain dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa motivasi belajar dapat memediasi variabel efektivitas media pembelajaran online dan efikasi diri terhadap hasil belajar. This study aims to determine the effect of online learning media effectiveness and self-efficacy on student learning outcomes with learning motivation as a mediating variable based on valid and reliable data.. The research was conducted at SMA Negeri 38 Jakarta. The method used is a survey method. The affordable population in this study were all students of class XI majoring in Social Sciences, totaling 120 students. Sampling using saturated sampling technique, namely the entire population sampled in this study. The instrument used to obtain data on variables X1 (Online Learning Media Effectiveness), X2 (Self Efficacy) and variables Z (Learning Motivation) were measured using a Likert scale. As for the variable Y (Student Learning Outcomes) using data on student test scores given by SMA Negeri 38 Jakarta teachers. The data analysis techniques used is the requirement analysis test, hypothesis test, description analysis and path analysis. Test requirements analysis performed shows the results that are normally distributed and linear data. The results of this study indicate that the effectiveness of online learning media has no effect on learning outcomes, self-efficacy has no effect on learning outcomes, learning motivation has a significant positive effect on learning outcomes, the effectiveness of online learning media has a significant positive effect on learning motivation, self-efficacy has a significant positive effect on motivation. Another thing can be concluded in this study that learning motivation can mediate the effectiveness of online learning media and self-efficacy variables on learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Prof. Dr. Siti Nurjanah, S.E, M.Si, 2)Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14336 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:39
Last Modified: 27 Jun 2022 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30069

Actions (login required)

View Item View Item