PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI DENGAN METODE MENGAJAR STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PONGOK KABUPATEN BANGKA SELATAN PROVINSI BANGKA BELITUNG

EBI SALAM, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI DENGAN METODE MENGAJAR STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PONGOK KABUPATEN BANGKA SELATAN PROVINSI BANGKA BELITUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI EBI SALAM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (penjasorkes) materi passing atas bola voli melalui metode mengajar STAD dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar passing atas bola voli kelas X di SMAN 1 Pongok Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Bangka Selatan. Sampel penelitian ini terdiri dari 35 siswa di SMAN 1 Pongok menggunakan teknik purposive sampling, pengambilan data dengan tes awal dan tes akhir. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel X terhadap Y maka dilakukan pengambilan data terlebih dahulu. Setelah data awal siswa kelas X didapatkan kemudian dilakukan perencanaan dengan menggunakan siklus dan pemberian perlakuan. Pada siklus pertama setiap kelompok diberikan satu bola voli, siswa terlihat belum menguasai materi passing atas bola voli dengan metode mengajar STAD. Oleh sebab itu perlunya siklus ke dua dengan penambahan jumlah bola voli menjadi 3-5 setiap kelompoknya. Data yang di dapatkan pada tes awal passing atas bola voli ternyata 28 siswa atau 80% belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75, sedangkan yang memenuhi KKM hanya 7 siswa atau 20% saja. Setelah dilaksanakan dengan siklus 1 dengan metode mengajar STAD didapatkan hasil siswa yang belum mencapai KKM 15 siswa atau 42,86%, sedangkan yang mencapai KKM 20 siswa atau 57,14%. Kemudian setelah dilakukan tahap siklus 2, semua siswa mencapai KKM atau 100%. This study aims to determine whether the learning process of physical education of sports and health (penjasorkes) passing material on volleyball through STAD teaching methods can improve the ability of learning passing out of class X volleyball in SMAN 1 Pongok South Bangka Regency South Bangka Province. The sample of this study consisted of 35 students at SMAN 1 Pongok using purposive sampling technique, taking data with initial test and final test. To know how the effect of variable X to Y then do the data retrieval first. After the initial data of class X students obtained then done the planning by using cycles and treatment. In the first cycle each group is given one volleyball, the students are seen not yet master the passing material on volley ball with STAD teaching method. Therefore the need for a second cycle with the addition of the number of volleyball to 3-5 each group. The data obtained in the initial test of passing on the volleyball was 28 students or 80% did not meet the minimum completeness criteria (KKM) 75, while those who meet the KKM only 7 students or 20% only. After implemented with cycle 1 with STAD teaching method, the result of students who have not reached KKM 15 students or 42,86%, while those reaching KKM 20 students or 57,14%. Then after phase 2, all students reach KKM or 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Taufik Rihatno 2) Drs. Kurnia Tahki, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Jun 2022 10:43
Last Modified: 11 Jun 2022 10:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30079

Actions (login required)

View Item View Item