GRACE LIANA TOBING, . (2016) THE COGNITIVE PROCESSES INVOLVED IN THE ASSESSMENT TASKS OF ELE-SP UNJ ACADEMIC PRESENTATION COURSE: A CASE STUDY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
4. CHAPTER 1 - INTRODUCTION.pdf Download (305kB) |
|
Text
5. CHAPTER 2 - LITERATURE REVIEW.pdf Download (569kB) |
|
Text
6. CHAPTER 3 - METHODOLOGY.pdf Download (251kB) |
|
Text
7. CHAPTER 4 - FINDINGS AND DISCUSSION.pdf Download (681kB) |
|
Text
8. CHAPTER 5 - CONCLUSION AND RECOMMENDATION.pdf Download (297kB) |
|
Text
9. REFERENCES.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
10. BIOGRAFI PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
Abstract
Evaluasi suatu program pendidikan perlu dilakukan secara regular, termasuk evaluasi terhadap praktek penilaian yang diberikan oleh dosen di dalam perkuliahan. Penelitian ini merupakan bagian dari suatu evaluasi pelaksanaan program perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, JBSing, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dimaksudkan untuk menggambarkan proses kognitif yang terlibat di dalam praktek penilaian di pendidikan tingkat tinggi pada mata kuliah Academic Presentation.Studi kualitatif deskriptif digunakan sebagai desain penelitian ini dengan instrument analisis dokumen dan hasil wawancara kelompok mahasiswa. Penelitian dilakukan terhadap RPKPS mata kuliah Academic Presentation dan sampel dari 24 mahasiswa yang dipilih secara acak. Praktek penilaian yang dilakukan oleh dosen dikategorikan berdasarkan proses kognitif di taksonomi Bloom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kognitif yang terlibat di dalam praktek penilaian akhir adalah mengingat (16%), memahami (28%), menerapkan (12%), menganalisis (22%), mengevaluasi (16%), dan mengkreasikan (6%). Hal ini mengimplikasikan bahwa proses kognitif yang paling terlibat adalah kategori memahami yang masih tergolong tingkat berpikir yang rendah. Pada akhir perkuliahan siswa diharapkan mampu untuk mempresentasikan sebuah presentasi dengan lancar dan akurat pada saat yang sama dengan register atau bahasa yang sesuai ekspresi dan memperhatikan etika berbicara dan menggunakan bahasa tubuh dalam presentasi akademik. Oleh karena itu praktek penilaian yang dilakukan di dalam kelas Academic Presentation haruslah dirancang berdasarkan proses kognitif yang diperlukan mahasiswa agar dapat membuat presentasi sendiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 15:04 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 15:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3012 |
Actions (login required)
View Item |