PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENANAMAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN EDUKASI BERBASIS ANDROID

INDRA AFRIANTO EMKA, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENANAMAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN EDUKASI BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anak usia 9-12 tahun berada pada tahap perkembangan yang menyukai permainan. Namun banyaknya permainan saat ini, terutama dalam media android kurang memberikan pembelajaran yang baik. Permainan yang ada akan membentuk karakter anak-anak. Diperlukan permainan yang mendidik dan memberikan pembelajaran terkait karakter anak-anak. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan media pembelajaran penanaman karakter melalui permainan edukasi berbasis android bagi anak usia 9-12 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala rating yang akan diberikan kepada 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran ini dapat dijadikan media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun dengan bimbingan orang dewasa dalam perangkat/ponsel pintarnya. Permainan ini dapat menggambarkan secara visual tentang karakter serta dapat menjadi role model anak dalam berkarakter. Nilai untuk media pembelajaran ini yakni sangat baik, hal ini didukung oleh nilai rata-rata kuesioner hasil uji kelayakan oleh ahli media sebesar 92,45%, dan ahli materi sebesar 81,16%. Children 9-12 years old are at a stage of development that loves the game. But the number of games now, especially in android media not providing a good learning. Existing games will shape children's characters. An educational game and provide learning related to the children's character is needed. The purpose of this study is to produce instructional media character building through android-based education games For children aged 9-12 years. This research uses experimental research method With the ADDIE development model Which includes five stages, that is analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques used a rating scale questionnaire To be awarded to two media experts and two material experts. The results obtained from this study show that This instructional media can be used as an alternative instructional media that can be used anytime and anywhere with adult guidance in the device/smartphone. This game can visually depict characters and can be Children role models in character. The value for this instructional media is very good, This is supported by the average value of the questionnaire Result of feasibility test by media expert equal to 92,45%, and material expert equal to 81,16%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Uswatun Hasanah, M.Si 2) Dra. Metty Muhariati, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Jun 2022 06:49
Last Modified: 12 Jun 2022 06:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30130

Actions (login required)

View Item View Item