LILI PEBRIANTY S, . (2015) PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 MAKASSAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Tesis Lili Pebrianty S..pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk etnografi dengan memakai model etnografi Spradley. Penelitian ini mencakup tujuan pembelajaran bahasa Inggris, silabus pembelajaran bahasa Inggris, rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris, materi pembelajaran bahasa Inggris, kegiatan pembelajaran bahasa Inggris,peran guru dan siswa, metode pembelajaran bahasa Inggris, media pembelajaran bahasa Inggris, evaluasi pembelajaran bahasa Inggris, dan tema budaya dalam pembelajaran bahasa Inggris.Hasil penelitian ini dapat diringkas sebagai berikut: (1) tujuan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah ini difokuskan pada penguasaan kompetensi keterampilan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan, (2) silabus yang digunakan di sekolah ini yaitu silabus yang berdasarkan pada keterampilan (skill-based syllabus), (3) rencana pelaksanaan pembelajaran yang disiapkan guru bahasa Inggris disusun berdasarkan silabus dan kondisi siswa, (4) pemilihan materi ajar disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan kondisi siswa, (5) kegiatan pembelajaran disajikan secara teratur yang dimulai dengan apersepsi, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, (6) peran guru dalam pembelajaran sebagai fasilitator, motivator, pengawas dalam kegiatan diskusi, sebagai narasumber, dan sebagai penilai hasil belajar siswa, sedangkan peran siswa yaitu aktif dalam kegiatan pembelajaran, (7) metode pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan guru meliputi metode role play, metode diskusi, dan communicative language teaching (8) media pembelajaran yang digunakan guru bervariasi dan sesuai dengan materi ajar yang diberikan, (9) evaluasi pembelajaran dilakukan pada proses dan hasil belajar siswa, (10) tema budaya dari sekolah tersebut yaitu menghargai waktu, penerapan sanksi, mengucapkan salam dengan bahasa Inggris, dan disiplin The objective of this research is to investigate the learning of English at SMA Negeri 5 Makassar. This research used qualitative approach with the model of ethnography by Spradley. This research covered, the objective of learning, the learning syllabus, the lesson plans, the teaching material, the learning activities, the methods of learning, the learning media, and the evaluation. The results of this research can be summarized as follows: (1) the purpose of English in the scholl is focused on the acquisition of English skill competences, both orally and written, (2) the syllabus that used in that school is skill-based syllabus, (3) the lesson plan prepared by English teacheris based on the syllabus and student conditions, (4) the selection of English textbooks for teaching is appropriated by the needs and capacities of the students, (5) the learning activities provided orderly that started by apperception, while activity, and closed activity, (6) the teacher's role in learning as a facilitator, motivator, supervisor in the discussions, as a resource, and as assessors on learning outcomes of students, while the students are an active role in learning activities, (7) the learning English method that teachers are role playing, discussion, and communicative language teaching (8) the use of media in teaching English is varied and accordance with the teaching materials which provided by the English teachers, (9) the evaluation conducted on student learning process and student learning outcomes, (10) the theme of the culture in the school are respect for time, sanctions, greetings in English, and discipline.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 05:04 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 05:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30167 |
Actions (login required)
View Item |