KUALITAS TES SUMATIF BAHASA ARAB KELAS XI SMA NEGERI 1 PARUNGKUDA – SUKABUMI

HANI WIJAYANTI, . (2016) KUALITAS TES SUMATIF BAHASA ARAB KELAS XI SMA NEGERI 1 PARUNGKUDA – SUKABUMI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi hani 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes sumatif di SMA Negeri 1 Parungkuda pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas XI berdasarkan validitas empiris menggunakan rumus biserial, reliabilitas dengan metode belah dua ganjil genap, indeks kesukasaran, daya pembeda, dan juga indeks pengecoh atau distraktor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan analisis isi tes sumatif. Adapun pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan cara analisis validitas empiris menggunakan rumus biserial, reliabilitas dengan metode belah dua ganjil genap, indeks kesukaran, daya pembeda, dan juga indeks pengecoh atau distraktor. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas tes sumatif kelas XI di SMA Negeri 1 Parungkuda berdasarkan pada validitas dan reliabilitas kualitasnya baik. Hal ini karena tes sumatif tersebut memiliki validitas sebesar 75% dan reliabilitasnya sebesar r11=0,82, dan nilai tersebut lebih besar dari pada rtabel=0,234. Jika dilihat dari tingkat kesukaran dan daya pembeda, maka kualitas tes sumatif tersebut tergolong buruk. Hal ini terlihat dari jumlah soal yang tergolong sedang hanya 6 butir soal (15%), dan kebanyakan butir soal dalam tes ini tergolong soal yang mudah yaitu sebanyak 33 butir soal (83%) dan butir soal yang tergolong sulit hanya 1 butir soal (2%). Begitu juga jika dilihat berdasarkan daya pembeda, soal-soal yang tergolong cukup di dalam tes sumatif tersebut hanya 15 butir soal (37%) dan soal yang baik hanya 1 butir soal (3%). Selebihnya, sebanyak 24 butir soal termasuk soal yang memiliki daya pembeda buruk (60%). Adapun indeks pengecoh di dalam tes sumatif tersebut sebanyak 21 opsi jawaban tergolong sangat baik (13%), 20 opsi jawaban tergolong baik (13%), sebanyak 12% atau 19 opsi jawaban tergolong cukup, dan 21 opsi jawaban tergolong sangat buruk (13%). Selebihnya, sebanyak 75 opsi jawaban tergolong opsi jawaban yang buruk (48%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 27 Jan 2020 15:44
Last Modified: 27 Jan 2020 15:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3017

Actions (login required)

View Item View Item