PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SMASH MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI BAGI SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 JONGGOL KABUPATEN BOGOR

LEONARD SALMON KOMSARY, . (2015) PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SMASH MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI BAGI SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 JONGGOL KABUPATEN BOGOR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (51kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (65kB)
[img] Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
7. BAB I. II. III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
8. BAB IV - BAB V.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penggunaan media audio visual dalam pembelajaran smash bola voli terhadap hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Jonggol kabupaten Bogor. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 254 siswa, dengan jumlah siswa yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 37 orang siswa yaitu kelas IX H. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang diperkenalkan dan dipopulerkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, penelitian ini membutuhkan beberapa siklus sesuai dengan kebutuhan dan setiap siklus-nya memiliki beberapa tahapan sebagai berikut; tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, tahap refleksi. Untuk memasuki siklus II dimulai kembali ke tahap perencanaan dan seterusnya. Hasil penelitian tindakan menunjukan: 1) setelah melaksanakan tindakan pada siklus I kemudian melakukan tes keterampilan smash terhadap subjek, ternyata tidak terdapat subjek yang masuk kedalam kategori baik sekali (0%), 2 subjek termasuk kedalam kategori baik (5,40%), 19 siswa yang menjadi subjek penelitian masuk kedalam kategori cukup (51,35%), dan 16 subjek penelitian masuk dalam kategori kurang (43,24%). 2) setelah melaksanakan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi pada siklus II kemudian dilakukan tes keterampilan smash bola voli kembali terhadap subjek penelitian, dari data hasil tes keterampilan smash bola voli menunjukan: 6 subjek penelitian masuk kedalam kategori baik sekali (16,22%), 19 subjek penelitian masuk kedalam kategori baik (51,35%), 12 iii subjek penelitian masuk dalam kategori cukup (32,43%), dan tidak terdapat subjek penelitian yang masuk kedalam kategori kurang (0%). Dari hasil data yang ditunjukan diatas, maka dapat terlihat adanya perbedaan yang signifikan antara hasil tes siklus I dan siklus II, ini berarti ada peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dari hasil tes siklus II maka dapat dikatakan penelitian tindakan ini dinyatakan tuntas dan penulis tidak perlu melanjutkan ke siklus berikutnya. his research tries to find out the effect of uses audio visual media in learning volley ball smash forward student’s learning result grades IX SMPN 2 Jonggol Kabupaten Bogor. In this research the writer took 254 students as the population, with students who chooses as the sample are 37 students from grade IX H. The method in this research is using action research that introduced by Kemmis and MC. Taggart. This research needed some cycle which is appropriate with. Necessity, and every cycle had some stage as follow: planning stage, action stage, supervision stage, and reflection stage. To the enter cycle II it is need to return to planning stage again and so on. The results of action research are show: 1. After finished step I in cycle I then did the smash skill test to the subject. It’s show that none of subjects are enter to best categories (0%). Two subjects enter good categories (5, 40%). 19 students who become subjects in this research enter to adequate categories (51, 35%), and 16 subjects in this result are enter to lack categories (43, 24%). 2. After done the planning stage, action, observation, reflection in cycle II then did the smash skill test again, To the subject. From the result of smash skill test data shows that: 6 subject are enter to adequate categories (16,22%). 19 subject are enter good categories (51,35%) . 12 subject are enter to adequate categories (32,43%), And none students who entered to lack categories (0%). Based on the result data above that there was a significant differences between test result cycle I and cycle II. From the result of cycle II it can be said that action research is finished and the writer should not continue to another cycle.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr.dr.James Tangkudung,SportMed.,M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Nana Sudjana.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 05:16
Last Modified: 13 Jun 2022 05:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30172

Actions (login required)

View Item View Item