TINGKAT AKSESIBILITAS PEJALAN KAKI

HOBIR NUR IKHSAN, . (2017) TINGKAT AKSESIBILITAS PEJALAN KAKI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_HobirNurIkhsan_5415131689.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aksesibilitas pejalan kaki Stasiun Depok Baru dari segi waktu. Data primer yang digunakan diperoleh dari hasil observasi langsung pejalan kaki pengguna Stasiun Depok Baru. Untuk data sekunder yang digunakan diperoleh dari dokumen melalui badan survei terkait. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi. Penelitian ini akan memantau berapa lama pejalan kaki berjalan kaki dalam proses perpindahan moda transportasi dan menunggu moda lanjutan. Jumlah pejalan kaki yang diambil dari penelitian ini sebanyak 100 pejalan kaki dari 3 titik jalur jalan kaki yang tersedia yaitu Jl. Raya Margonda, Jl. Baru dan area pasar. Hasil penelitian ini menghasilkan nilai indeks aksesibilitas yang dihitung dengan metode Public Transportation Accessibility Levels (PTAL) berdasarkan jam dan moda lanjutan yang digunakan yaitu Kereta Rel Listrik (KRL) dan mobil angkutan kota (angkot). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks aksesibilitas pejalan kaki pengguna moda KRL pukul 06.00 – 09.00 yaitu sebesar 8,36 dari Jl. Raya Margonda, dan 9,37 dari area pasar dan Jl. St. Depok Baru. Sedangkan indeks aksesibilitas pejalan kaki pengguna moda KRL pukul 09.00 – 12.00 yaitu sebesar 8,35 dari Jl. Raya Margonda, dan 5,14 dari Jl. Baru serta 5,00 dari area pasar. Untuk indeks aksesibilitas pejalan kaki pengguna moda mobil angkutan kota pukul 12.00 – 15.00 yaitu sebesar 36,45 menuju Jl. Raya Margonda, 36,46 menuju Jl. St. Depok Baru dan 84,29 menuju area pasar. Sedangkan indeks aksesibilitas pejalan kaki pengguna moda mobil angkutan kota pukul 15.00 – 18.00 yaitu sebesar 27,35 menuju Jl. Raya Margonda, 45,36 menuju Jl. Baru dan 36,72 menuju area pasar. Secara keseluruhan tingkat aksesibilitas pejalan kaki Stasiun Depok Baru masuk dalam kategori buruk untuk moda KRL dan masuk dalam kategori sempurna untuk moda mobil angkot. This research aims to find out the accessibility levels for pedestrian in Depok Baru Stastion based on time. The primary data is taken from direct observation for pedestrian on Depok Baru Station. The secondary data is taken from related data documents from the survey organization. The method used is observation include with the desk approach. The research is to find out walking distance the pedestrian walking along transfer process for transportation mode. Number of pedestrians that will be taken as many as 100 pedestrians from 3 points. The result of this research will accessibility index (AI) score with Public Transportation Accessibility Levels (PTAL) which based on time and transportation mode (railway as commuter line and car public transport). The result showed accessibility index levels for commuter line at 06.00 – 09.00 is 8,36 (poor) from Raya Margonda, and 9,37 (poor) from market area and Jl. Baru. Accessibility indeks levels for commuter line at 09.00 – 12.00 is 8,35 (poor) from Jl. Raya Margonda, 5,14 from Jl. Baru, and 5,00 from market area (very poor). Accessibility indeks levels for car public transport at 12.00 – 15.00 is 36,45 (excellent) to Jl. Raya Margonda, 36,46 (excellent) to Jl. Baru, and 84,29 (excellent) to market area. Accessibility index levels for car public transport at 15.00 – 18.00 is 27,35 (excellent) to Jl. Raya Margonda, 45,36 (excellent) to Jl. Baru, and 36,72 (excellent) to market area. Overall, accessibility index levels at Depok Baru Station is poor for commuter line and excellent for car public transport.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Winoto Hadi, MT 2) Yusfita Chrisnawati, S. Pd. T. M. Sc
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:30
Last Modified: 13 Jun 2022 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30201

Actions (login required)

View Item View Item