Hida Niswatun Latifah, . (2016) PENGARUH STRATEGI IREX (INSPIRATION RESEARCH AND EXPERIENCE) DENGAN MEDIA PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMAN 95 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
|
Text
SKRIPSI HIDA NISWATUN LATIFAH 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi IREX dengan media peta pikiran terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMAN 95 Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen True Experimental Design: Pre test-Post test Control Group Design. Instrumen penelitiannya adalah kegiatan manulis cerita pendek dengan teknik analisis data menggunakan perhitungan uji-t. Hasil perhitungan yang didapat dari sampel penelitian adalah rata-rata hasil post test kemampuan menulis cerita pendek pada kelas eksperimen mendapat 81,71 dan 70,53 untuk kelas kontrol. Hasil perhitungan uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh p 0,173 dan Lhitung 0,0798 untuk kelas kontrol dengan dengan taraf signifikasi 0,05 sehingga diketahui sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh p 1,197 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa p lebih besar dari signifikasi 0,05 sehingga data dinyatakan memiliki varian yang homogen. Hasil uji-t menghasilkan thitung 2,738 dan ttabel 1,674 dengan taraf signifikansi 0,05 Dari data tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Oleh Sebab itu, thitung > ttabel maka hipotesis (H1) dinyatakan diterima, dengan demikian terdapat pengaruh strategi IREX (Inpiration Research and Experience) dengan media peta pikiran terhadap kemampuan teks menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMAN 95 Jakarta. Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia Guru dapat pula menggunakan dalam materi menulis teks eksemplum dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Saran yang dapat diberikan dalam menggunakan strategi IREX untuk materi menulis cerita pendek agar mencapai hasil yang maksimal yaitu kerjasama yang dibangun bersama siswa dan penguasaan topik cerita pendek. Dengan demikian, strategi IREX dapat menjadi pilihan pada pengajaran materi menulis cerita pendek di sekolah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Sam Mukhtar Chaniago, M.Si ; 2). Edi Puryanto, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 11:44 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 11:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3022 |
Actions (login required)
View Item |