PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA DI MTs NEGERI 31 JAKARTA

HIKMA PRASETYARINI, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA DI MTs NEGERI 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hikma 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Negeri 31 Jakarta pada bulan April 2016 dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 Mts. Negeri 31 Jakarta dengan jumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi peneliti dan siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Pembelajaran bahasa arab dengan Metode Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs. Negeri 31 Jakarta. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah sebagai berikut: siklus I persentase yang diperoleh dari hasil tes bahasa arab siswa kelas VII MTs. Negeri 31 Jakarta yaitu 59,37% sebanyak 19 siswa mencapai nilai KKM 70 dan memperoleh nilai rata-rata 72,46 dari jumlah siswa. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil tes bahasa arab siswa kelas VII MTs. Negeri 31 Jakarta dengan persentase 87,50% sebanyak 28 siswa yang mencapai nilai KKM 70 dan memperoleh nilai rata-rata 82,71 dari jumlah siswa Implikasi penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa di MTs Negeri 31 Jakarta. Guru dan siswa dapat menerapkan metode ini pada aktivitas pembelajaran dengan materi yang sesuai, agar dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 Jan 2020 11:53
Last Modified: 28 Jan 2020 11:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3023

Actions (login required)

View Item View Item