HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA-KAKI DENGAN KETEPATAN SHOOTING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 06 KABUPATEN TANGERANG

PAHRUL ROJI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA-KAKI DENGAN KETEPATAN SHOOTING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 06 KABUPATEN TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PAHRUL ROJI (6135123103).pdf

Download (0B)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan antara Daya Ledak Otot Tungkai (X1) dengan ketepatan shooting (Y), (2) hubungan antara koordinasi mata-kaki (X2), dengan ketepatan shooting (Y), serta mengetahui hubungan antara daya ledak otot tungkai (X1) dan koordinasi mata-kaki (X2) secara bersama-sama dengan ketepatan shooting bola (Y). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2016 pukul 08:00 WIB di SMA Negeri 06 Kab. Tangerang. Menggunakan metode survey dengan teknik kolerasi populasi berjumlah 45 orang dan 30 menjadi sampel dengan teknik pengambilan secara acak sederhana (simple random sampling). Pengambilan variabel daya ledak otot tungkai dengan menggunakan tes vertikal jump. Pengambilan variabel koordinasi mata kaki dengan menggunakan tes soccer wall pass, serta pengambilan variabel ketepatan shooting dengan menggunakan tes shooting bobby charlton. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi sederhana dan berganda dan dilanjutkan dengan uji t pada taraf signifikan α = 0.05. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : (1) terdapat hubungan yang positif antara daya ledak otot tungkai dengan ketepatan shooting bola diperoleh nilai korelasi rx1y = 0,96, dan koefisien determinasi = 0,9216, yang berarti sumbangan daya ledak otot tungkai dengan ketepatan shooting bola adalah 92,16%, (2) terdapat hubungan yang ii positif antara koordinasi mata-kaki dengan ketepatan shooting bola dengan nilai korelasi rx2y = 0,98, dan koefisien determinasi = 0,9604, yang berarti sumbangan koordinasi mata kaki dengan ketepatan shooting bola adalah 96,04%, dan (3) terdapat hubungan yang positif antara daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki dengan ketepatan shooting bola yang diperoleh nilai rx1-2y = 0,98 dan koefisien determinasi = 0,9604, yang berarti sumbangan daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki dengan ketepatan shooting bola secara bersama-sama adalah 96,04%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki dengan ketepatan shooting bola pada siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 06 Kabupaten Tangerang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Andri Irawan, M.Pd 2) Eva Yulianti, M.Ec
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Jun 2022 09:20
Last Modified: 13 Jun 2022 09:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30232

Actions (login required)

View Item View Item